Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor Kembali Dilanjutkan

Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor Kembali Dilanjutkan
(Republika/Nugroho Habibi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 25 Juni 2021 09:43 WIB

Terasjabar.id -- Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor kembali dilanjutkan. Kelanjutan pembangunan juga dibarengi dengan pembangunan alun-alun Kota Bogor.

Anggarannya bersumber dari APBD Kota Bogor tahun 2021 sebesar Rp31,1 miliar. Sedangkan, pembangunan Alun-alun di lahan yang sebelumnya dimanfaatkan sebagai Taman Topi dan Taman Ade Irma Suryani, dibangun dengan anggaran bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp14,2 miliar.

Peletakan batu pertama pembangunan lanjutan Masjid Agung dan Alun-alun Kota Bogor sudah dilakukan pada Rabu (23/6) dan pekerjaannya dijadwalkan hingga 17 Desember 2021.

"Mudah-mudahan pekerjaan pembangunannya bisa berjalan lancar dan diberikan kemudahan," kata Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, Jumat (25/6).

Menurut dia, Alun-alun Kota Bogor ini adalah fasilitas ruang terbuka yang hijau, indah, dan bermanfaat bagi masyarakat. "Di sebelahnya ada Masjid Agung, sehingga pada jam sholat masyarakat bisa sholat dan berdoa di masjid," katanya.

Atang menambahkan, jika masih dibutuhkan dana untuk penyelesaian pembangunan Masnjid Agung pada tahun anggaran 2022, maka DPRD Kota Bogor akan memberikan dukungan kuat.Luas lahan pembangunan Alun-alun Kota Bogor sekitar 17.000 m2 dan luas lahan Masjid Agung Kota Bogor sekitar 4.000 m2.

Pemugaran total Masjid Agung Kota Bogor dimulai pada 2017 tapi pembangunannya terhenti pada 2018, setelah tim dari Kementerian PUPR yang menilai kelayakan bangunan menyatakan konstruksinya pondasinya tidak kuat, sehingga tidak bisa dilanujutkan.

Sumber : ANtara

Disadur dari Republika.co.id

Masjid Agung Bogor Alun - Alun Kota Bogor APBD


Loading...