Diterjang Banjir Kiriman, Permukiman Warga Kampung Melayu Terendam hingga 2 Meter

Diterjang Banjir Kiriman, Permukiman Warga Kampung Melayu Terendam hingga 2 Meter
(SINDOnews/Okto Rizki Alpino : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 17 Mei 2021 11:31 WIB

Terasjabar.id - Permukiman warga di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur diterjang banjir akibat luapan Kali Ciliwung , Senin (17/5/2021). Ketinggian air mencapai 2 meter.

Warga sekitar, Joni (42) mengatakan, air mulai naik ke permukiman warga RW 04 dan RW 05 pada pukul 02.00 WIB. Bahkan, lanjut dia, ketinggian air mencapai dua meter terjadi pada pukul 04.00 WIB.

"Ketinggian air masih sekitar 2 meter, apalagi di rumah warga yang ada bagian belakang dekat bantaran Kali Ciliwung. Ini banjir karena air kiriman dari Depok semalam," kata Joni di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/5/2021).

Banjir ini sudah diperkirakan bakal terjadi, karena pada Minggu (16/5/2021) warga menerima informasi terkait ketinggian air di Pos Pantau Kota Depok yang berstatus siaga dua.

Setelah mengetahui informasi itu, warga mulai memindahkan barang berharga ke lantai dua rumah dan kendaraan ke dekat kantor Kelurahan Kampung Melayu yang daratannya lebih tinggi. "Sekira pukul 08.00 WIB tadi air sudah mulai surut, tapi ini surutnya lama jadi ketinggian sekitar dua meter. Ini yang rumah panggung baru selesai dibangun saja bagian bawahnya terendam," ujarnya.

Meski diterjang banjir dengan tinggi dua meter mayoritas warga masih tetap bertahan di dalam rumah dan belum berencana untuk mengungsi. Mereka hanya membutuhkan bantuan makanan sebab akses jalan tidak memungkinkan untuk dilalui karena masih terendam air.

"Kalau untuk bantuan makanan dari pemerintah sih belum ada ya, sekarang warga milih bertahan di lantai dua rumahnya saja. Mudah-mudahan sih hari ini enggak hujan lagi jadi air cepat surut," tuturnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Banjir Luapan Kali Ciliwung Keluruhan Kampung Melayu Jakarta Timur


Loading...