Tepat Berusia 152 Tahun, Jembatan Lama Kota Kediri akan Dijadikan Obyek Wisata

Tepat Berusia 152 Tahun, Jembatan Lama Kota Kediri akan Dijadikan Obyek Wisata
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 18 Maret 2021 13:33 WIB

Terasjabar.id - Jembatan Lama Kota Kediri (Brug Oer den Brantas te Kediri) tepat berusia 152 tahun, sejak digunakan sebagai 'Groote Postweg' (jalan raya) oleh Kolonial Belanda pada 18 Maret 1869. Kegiatan ulang tahun diisi dengan bersih-bersih jembatan oleh berbagai komunitas, kelompok masyarakat, TNI, Polri, Satpol PP kurang lebih 80 orang. Acara ulang tahun juga diisi dengan acara selamatan tumpengan sebanyak 152 tumpeng sesuai umur jembatan dan dibuka oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

"Targetnya jembatan bersejarah ini nanti akan menjadi bagian dari city tour wisata Kota Kediri, ini sedang kita bahas dan mudah-mudahan pandemi segera usai dan masyarakat bisa kembali menikmati peninggalan-peninggalan bersejarah di Kota Kediri. Namun dengan berbagai pertimbangan dan memutus mata rantai Covid-19 kita masih tutup jembatan ini. Namun demikian kita juga tetap akan merawatnya," kata Abu Bakar, Kediri, Kamis (18/3).

Jembatan Lama ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya pada 18 Maret 2019. Sebelumnya sudah dilakukan penelitian dari sumber-sumber primer baik dari Indonesia dan juga Belanda sejak 2013.

FOLLOW JUGA : 

Jembatan peninggalan Belanda ini menghubungkan wilayah barat dan timur sungai sejak abad 18, tepatnya 18 Maret 1869 hingga 18 Maret 2019.

Dari nilai kesejarahan, bangunan ini merupakan jembaran konstruksi besi pertama di Jawa karya Insinyur Sytze Westerbaan Muurling (lahir di Belanda pada 29 November 1836, meninggal dunia pada 17 Oktober di Batavia 1876).

Tentang jembatan Lama Kota Kediri ini juga dijelaskan dalam buku yang berjudul 'Nieuw Nederlandsch Biografisch Woordenboek'. Di situ juga diterangkan usia jembatan ini lebih tua dari jembatan Brooklyn di Amerika Serikat karya insinyur John Augustus Roebling yang diresmikan tahun 1883.

Jembatan yang memiliki panjang 160 meter, lebar 5,80 meter serta tinggi dari permukaan air 7,50 ini juga pernah menjadi saksi pernikahan Putri Juliana (Juliana Louise Marie Wilhelmina van Oranje-Nassau) dan Pangeran Bernhard pada 7 Januari 1937. 

Disadur dari Merdeka.com 

Jembatan Lma Kota Kediri Berusia 152 Tahun Pandemi Covid-19 Obyek Wisata


Loading...