Advertisement

Sekda Kota Bandung Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pasca Disuntuk Vaksin, Ini Penjelasan Dinkes

Sekda Kota Bandung Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pasca Disuntuk Vaksin, Ini Penjelasan Dinkes
(hu-Pakuan.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Maret 2021 12:47 WIB

Terasjabar.id -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna terkonfirmasi positif Covid-19 pascadisuntik vaksin pada Januari silam. Dia menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) sejak Selasa (9/3) kemarin malam dengan kondisi yang relatif baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan fungsi vaksinasi untuk individu yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kekebalam terhadap virus Covid-19. Namun, vaksin yang ada tidak dapat menjamin 100 persen akan kebal terhadap virus.

"Tidak ada satu vaksin yang menjamin 100 persen. Ada faktor lain yang mempengaruhi, kondisi daya tahan tubuh seseorang kenapa seseorang bisa jadi terkena virus. Misalnya virulensi kuman maksudnya jumlah kuman yang masuk kita tidak tahu," ujarnya, Rabu (10/3).

FOLLOW JUGA : 

Selain itu, dia menuturkan, faktor lainnya yang membuat dapat terpapar virus meski sudah divaksin yaitu kegiatan fisik yang banyak, faktor lingkungan, udara dan cuaca. Serta kemungkinan banyak orang di sekeliling orang tersebut dan banyak faktor yang membuat seseorang terserang virus.

"Tujuan vaksinasi mengurangi kesakitan dan kematian. Yang divaksin akan memiliki daya tahan menangkal vaksin lebih besar daripada yang tidak divaksin. Kalau kena, gejala ringan tidak jatuh ke yang berat," katanya.

Ahyani mengatakan penelitian tentang vaksin Covid-19 menunjukkan efikasi tiap vaksin berbeda-beda. Oleh karena itu, vaksin tidak menjamin orang kebal terhadap virus.

"Pesannya sejak awal vaksinasi melengkapi upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat, melengkapi 5 M dan 3 T. 5 M harus lebih disiplin meski sudah divaksinasi," katanya.

Dia menambahkan, mereka yang divaksin namun masih terpapar Covid-19 kemungkinan dapat lebih cepat pemulihannya. Sebab, tubuh sudah mengenal vaksin tersebut.

Disadur dari Republika.co.id

Sekda Kota Bandung PRogram Vaksinasi RSKIA Pandemi Covid-19


Loading...