Advertisement

Menag Gus Yaqut Imbau Para Tokoh Agama dan Pemimpin Ormas Gencar Sosialikan Prokes 5M

Menag Gus Yaqut Imbau Para Tokoh Agama dan Pemimpin Ormas Gencar Sosialikan Prokes 5M
(Suara.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Maret 2021 12:06 WIB

Terasjabar.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau para tokoh agama dan pimpinan organisasi kemasyarakatan untuk terus mensosialisasi protokol kesehatan.

"Saya mengajak ormas dan tokoh agama dalam sosialisasi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan," kata Gus Yaqut.

"Ini bagian dari upaya kita untuk menekan laju paparan Covid-19 dan tentu saja ini bagian dari tugas kemanusiaan kita,” sambungnya dalam keterangan yang diterima Kamis (4/3/2021).

Menag mengakui, pihaknya telah mengeluarkan instruksi terkait sosialisasi penerapan protokol kesehatan.

"Sejak awal Februari 2021 para penyuluh agama di berbagai daerah bergerak bersama tokoh agama untuk melakukan sosialisasi," terang dia.

Ia menambahkan secara nasional, total ada 50 ribuan penyuluh agama yang diterjunkan untuk mengedukasi masyarakat secara langsung terkait protokol kesehatan ini.

"Bahkan, saya dengar penyuluh agama di Jakarta blusukan sosialisasi protokol kesehatan 5M," terangnya.

FOLLOW JUGA : 

Gus Yaqut juga menegaskan proses sosialisasi ini dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satunya pendekatan budaya berpantun yang dilakukan penyuluh agama Kantor Urusan Agama (KUA) di Banyuwangi.

Gus Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi peran aktif berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pengendalian Covid-19 di Tanah Air. Merujuk data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, tren kasus harian pada saat ini sudah mengalami penurunan dibandingkan pada Januari 2021 lalu.

Ia menambahkan kasus aktif harian di Indonesia pada Selasa (2/3/2021) tercatat sebanyak 153.074 orang atau sekitar 11,11%, sedang di dunia 18,85%. Angka kesembuhan di Indonesia juga mencapai 1.160.863 orang atau sekitar 86,18%, di atas rata-rata dunia yang masih di angka 78,93%.

Menag menilai, peran serta masyarakat, seperti para tokoh agama, penyuluh agama, organisasi kemasyarakatan dan tenaga pendidikan sangat besar dalam memengaruhi faktor penurunan ini kasus positif Covid-19. (johara/tha)


Disadur dari Poskota.co.id

Menag Pandemi Covid-19 Tokoh Agama Prokes


Loading...