Advertisement

Danrem 062/Tarumanagara Hadiri Pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang

Danrem 062/Tarumanagara Hadiri Pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 2 Maret 2021 15:45 WIB

Terasgarut - Bertempat di SDN Sukamukti, Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos., menghadiri pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang, Selasa (02/03/2021).

Diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Camat Tanjungmedar, Encu Nursamsu yang mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang.

Terkait dengan kegiatan TMMD, khususnya masalah memfasilitasi adanya infrastruktur, Encu berharap kedepannya bisa lebih meningkatkan seperti perekonomian warga Kecamatan Tanjungmedar, baik itu mengenai hasil-hasil bumi dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah dalam pelaksanaan TMMD sejak awal hingga sekarang, masalah swadaya masyarakat masih kental dengan gotong-royong. Masyarakat tanpa pamrih tanpa diperintah, semua aktif, bersama-sama membangun jalan," terang Encu, dengan pembuatan jalan yang memghubungkan langsung Kabupaten Sumedang di Desa Tanjung Siang dengan Desa Cikaramas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang.

Sementara itu, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa, SE.,M.Si., dalam laporannya menyampaikan kesiapan kegiatan TMMD ke-110 di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar wilayahnya dengan waktu pelaksanaan kegiatan TMMD, PRA TMMD dimulai tanggal 03 hingga 25 Februari 2021.

"Hasil yang dicapai dalam pekerjaan cor beton Jalan Panjang 1.193 m x lebar 2,5 m x tebal 15 cm hasil 50% , pekerjaan gorong-gorong panjang 4 m x 60 cm x 2 unit hasil 50%, pekerjaan bronjong kawat pondasi panjang 10 m x tinggi 1,5 m hasil 100%, bronjong panjang 10 m x Tinggi 4 m : 5 trap hasil 100%," jelas Dandim 0610/Sumedang.

Waktu TMMD akan dibuka tanggal 2 Maret 2021 dengan ditutup tanggal 31 Maret 2021. Dan pada hari pembukaan dilaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat, pelayanan KB dan kesehatan, pemberian bibit pohon 1000 pohon, pelayanan SIM keliling dan pelayanan Samsat keliling," tambah Dandim 06 10/Sumedang.

Adapun sasaran fisik berupĂ  pengerjaan jalan sistem cor beton, pengerjaan gorong-gorong, pekerjaan bronjong kawat, dengan tambahan diantaranya pengerjaan rehab Masjid Nurul Iman dan rehab MCK. Sedangkan non fisik diantaranya pengobatan gratis, pelayanan KB, pemberian sembako, pengobatan cuma-cuma, harkamtibmas dan penanganan covid 19 berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan, Wasbang atau bela negara, terorisme, pengolahan hasil pertanian, kawasan rumah Pangan Lestari.

Kekuatan pasukan yang terlibat, kelompok Komando Satgas 15 orang, tim asistensi penyuluh 25 orang, tim kesehatan 5 orang, tim teknis 4 orang, SSK TNI 110 orang.

"Sumber anggaran dukungan dari PJO TMMD sebesar Rp. 340.300.000,-. dan APBD Kabupaten Sumedang TA. 2021 sebesar Rp 1 Miliyar, serta bantuan dari dinas instansi badan lembaga Kabupaten Sumedang, masyarakat material dan hibah tanah," pungkas Dandim 06 10/Sumedang.

Kemudian dilanjutkan acara penyerahan alat-alat kerja oleh Bupati Sumedang serta penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD ke-110.

Bupati Sumedang Dr. H. Doni Ahmad Munir, ST., M.M., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan TMMD ini.

"Kegiatan ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat, dan ini merupakan bukti kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, dalam memberikan kontribusi dalam pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ungkap Bupati Sumedang, yang pada akhirnya akan bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, dengan dibangunnya jalan tentu akan merubah aspek serta mempermudah akses lalu-lintas, seperti hasil-hasil pertanian, datang dan pergi ke sekolah, ke fasilitas kesehatan.

"Itu adalah salah satu faktor kemajuan pembangunan di tempat ini, untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan partisipasinya dalam melaksanakan pembangunan," pungkas Bupati Sumedang.

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri serta acara tambahan berupa penyerahan sarana kontak pembagian sembako dan peninjauan lokasi TMMD.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Kasgartap II Bandung Cimahi, Aspers Kasdam III/Siliwang, Kazidam III/Siliwangi, Pa Liaison TNI AL Kodam III/Siliwangi, Dandim Jajaran Korem 062/Tn, Dan/Kasatbalak Korem 062/Tn, Ketua DPRD Kab. Sumedang, Kapengri Kab. Sumedang, Kajari Kab. Sumedang dan Kapolres Sumedang, Danyonif R 301/PKS, Kasiter Korem 062/Tn, SKPD dan tokoh masyarakat Sumedang. (Jajang Sukmana-Penrem 062/Tn)***

Danrem 062/Tarumanagara Hadiri Pembukaan TMMD ke-110 di Wilayah Kodim 0610/Sumedang


Loading...