Advertisement

Mengenal Amelicano, YouTuber Indonesia yang Viral Bintangi Drakor Lunch Box

Mengenal Amelicano, YouTuber Indonesia yang Viral Bintangi Drakor Lunch Box
Amelia Tantono (Foto: Instagram)
Editor: Malda Berita Viral —Sabtu, 27 Februari 2021 14:33 WIB

Terasjabar.id - 

Viral cuplikan drama Korea Lunch Box yang menampilkan Ji Soo bersama wanita Indonesia. Aktor Korea ini dipasangkan dengan Amelia Tantono, YouTuber Indonesia yang tinggal di Korea. Penasaran sosok dibalik channel YouTube Amelicano ini?


Akting Ji Soo hangat diperbicangkan netizen Indonesia di TikTok. Dalam drama Korea Lunch Box, ia berupaya merebut hati Amelia Tantono dengan memasak makanan Indonesia.

Drakor Lunch Box mengisahkan pertemuan dua orang yang berbeda budaya dan makanan. Yong I (pemain Ji Soo), adalah pemuda Korea yang jatuh cinta dengan mahasiswi Indonesia bernama Yulia (pemain Amelia Tantono).

Yong memiliki cara khusus untuk memenangkan hati Yulia, yang sedang belajar di Korea. Ia suka memasak dan membuatkan Yulia lunch box halal setiap hari. Dengan jumlah tiga episode, drama Korea Lunch Box dapat ditonton dengan subtitle Bahasa Indonesia di YouTube K-FOOD FAIR 2015 Malaysia, Indonesia, UAE.

Setelah viral di TikTok, episode pertama drakor Lunch Box yang diunggah pada 2015 meraih 2 juta views. Netizen Indonesia pun mulai mencari tahu sosok Amelia Tantono, YouTuber Indonesia yang jadi lawan main Ji Soo.

Debut Akting Amelia Tantono di Lunch Box

Sebelum viral di TikTok, pemilik channel YouTube Amelicano ini telah mengunggah video reaksi menonton Lunch Box bersama sutradara Oh Jaehwan. Video ini diunggah pada November 2020 untuk mengenang drakor Lunch Box yang tayang lima tahun lalu, tepatnya 12 Oktober 2015.

Dalam video tersebut, sang sutradara pun mengungkap alasannya memilih Amelia Tantono menjadi Yulia di drakor Lunch Box. "Karena cantik. Kandidatnya ada beberapa orang tapi secara imej, Amel itu paling mirip sama sosok Yulia yang saya bayangkan," jelas Oh Jaehwan.

Sang sutradara ingin pemeran Yulia di Lunch Box dapat mengekspresikan garis emosi yang halus. Ia percaya Amelia Tantono dapat melakukannya dengan baik.

"Harus mengekspresikan garis emosi yang halus. Kayaknya kamu yang paling bisa melakukannya dengan baik. Dan itu merupakan sesuatu yang bahkan sulit dilakukan aktor yang terlatih," ungkap Oh Jae Hwan.

Oh Jae Hwan pun mengungkapkan keinginannya untuk menggarap Lunch Box Season 2. Ia ingin bekerja sama kembali dengan lulusan Universitas Kyung Sung ini. "Suatu saat kalau ada kesempatan, saya pingin menggarap proyek lain yang menyenangkan bareng Amel."

Di akhir video, aktor Ji Soo pun memberikan kesannya setelah beradu akting dengan Amelia Tantono. "Saya kagum karena bahasa Koreanya bagus sekali. Katanya (Amel) baru pertama kali akting. Tapi bagus sekali, jadi saya sampai kaget," ungkap bintang drakor River Where the Moon Rises ini.

Mengenal Amelia Tantono, Pemain Drakor Lunch Box

Amelia Maria Tantono lahir di Bandar Lampung pada 1 Desember 1991. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini memiliki dua kakak laki-laki dan menghabiskan masa kecilnya di Tangerang.

Sebelum dikenal sebagai YouTuber, Amelia Tantono merupakan mahasiswi Univeristas Kyung Sung di Busan. Kepada Wolipop, ia pun mengatakan alasannya kuliah di Korea.

"Sebenarnya, nggak kepikiran buat kuliah ke Korea. Tapi waktu SMA, ada pameran pendidikan dan ada salah satu universitas Korea, Kyung Sung University," ungkap Amelia Tantono belum lama ini.

Berawal dari iseng, wanita yang akrab disapa Amel ini ikut tes masuk Universitas Kyung Sung dan berhasil masuk. Orang tuanya tak menduga Amel akan kuliah di Korea. "Akhirnya setelah bujuk-bujuk orang tua dikasih juga, dan pergilah ke Korea."

Alasannya terpikir untuk kuliah di Korea ternyata juga karena efek drama Korea. "Tahun 2006, Full House tayang di Indonesia. Gara-gara nonton itu, aku jadi suka sama Rain dan lebih tertarik dengan Korea. Di internet cari-cari tahu tentang Korea dan jadi kepingin belajar bahasa Korea," ungkap wanita berumur 29 tahun ini.

Cerita Amelia Tantono Bintangi Drakor Lunch Box

Kepada Wolipop, Amelia Tantono mengaku mengetahui project drama Korea Lunch Box dari temannya. "Pertama kali tahu dari teman aku yang orang Indonesia juga. Kebetulan ada staf produksi yang nyamperin kampus dia untuk interview orang-orang Indonesia dis ana, berkaitan dengan project Lunch Box," ungkapnya.

Sang staf lalu menanyakan apakah teman Amel memiliki kenalan wanita Indonesia yang minat akting sebagai pemeran utama drakor Lunch Box. Ia lalu terpikir dengan Amelia Tantono dan berminat merekomedasikannya.


"Karena memang nggak ada basic akting, jadi takut juga, tapi kayaknya bakal seru juga, kapan lagi nyoba akting. Apalagi katanya, waktu itu udah dibilang bahwa pemeran utama cowoknya bakal aktor Korea. Tapi kita nggak tahu siapa, masih belum dikasih tahu," ungkap penggemar Kim Seon Ho ini.

Nama Amelia Tantono diusulkan kepada tim produksi dan sutradara drakor Lunch Box. "Waktu itu sempat dipanggil ke kantor sutradara buat ngobrol dan sedikit diaudisi. Disuruh coba baca dialog dan dilihat ekspresinya kayak gimana. Beberapa hari kemudian dikabarin kalau aku yang dapat sebagai pemeran utama web drama ini, namanya Yulia," timpalnya.

Saat ditanya kesulitannya saat akting, Amel mengaku kurang tahu bagaimana harus mengekspresikan karakter Yulia. Namun, setelah diberi arahan dari sutradara Lunch Box, ia lebih memahami dan mengekspresikan karakternya dengan baik.

Ada satu momen yang paling diingatnya saat syuting Lunch Box. Karena perbedaan tingginya dan Ji Soo yang cukup jauh, Amelia Tantono melihat Ji Soo melakukan 'manner leg' yang biasa dilihatnya di drama Korea.

"Yang paling aku ingat, Ji Soo kan tinggi banget. Ji Soo 186 cm dan aku 163 cm. Jadi kadang-kadang kalau pas filming, angle-nya jadi nggak masuk gara-gara jomplang tingginya. Jadi, Ji Soo harus manner leg, membuka kaki dengan lebar supaya lebih sejajar," ungkap pemilik channel YouTube Amelicano ini.


Bikin YouTube Amelicano Gara-gara Lunchbox

Gara-gara drama Korea Lunchbox, Amelia Tantono pun akhirnya memulai channel YouTube Amelicano. Sebab setelah debut akting, followers Instagram-nya (@amelia_tantono) mencapai 30 ribuan. Banyak pula yang meminta Amel memulai channel YouTube untuk menunjukkan kehidupannya di Korea.

Awalnya, Amelia Tantono tak pernah terpikir untuk menjadi content creator YouTube. "Pada Desember 2017, bikin deh video pertama di YouTube untuk berbagi kehidupan Korea gimana. Sedangkan untuk namanya sendiri, ini ceritanya agak lucu," kata pemilik channel YouTube Amelicano ini.

Saat itu, ia tengah naik bus dan melihat keluar jendela. Tiba-tiba, Amel teringat saat kuliah temannya sering mengoloknya dengan panggilan "Amelicano~", yang merupakan plesetan lagu Americano milik 10cm.

Amelia Tantono juga sempat mengadakan polling di Instagram untuk memilih nama channel YouTube-nya. Ada tiga opsi nama yang dipilihnya, dan Amelicano mendapat jumlah vote terbanyak. Hingga kini, Amelia Tantono akrab dengan nama Amelicano dan rutin mengunggah video setiap Jumat jam 18.00 WIB di channel Youtube-nya.

(Detik.com)

Amelicano Youtuber Drakor Lunch Box


Loading...