Advertisement

Tanggul Citarum Jebol, Ribuan Warga Pebayuran Kabupaten Bekasi Mengungsi

Tanggul Citarum Jebol, Ribuan Warga Pebayuran Kabupaten Bekasi Mengungsi
Gelora.co
Editor: Malda Berita Viral —Senin, 22 Februari 2021 09:02 WIB
Terasjabar.id - Ribuan warga di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Sabtu malam (20/2), harus meninggalkan rumah lantaran tanggul Sungai Citarum jebol.

Salah seorang warga, Madrawi menceritakan, jebolnya tanggul tersebut terjadi ketika hujan deras. Akibatnya, air yang berada di sungai tersebut meluap dan menggenangi rumah warga.

"Posisi lagi hujan deras, tiba-tiba jebol air langsung meluap. Saat kejadian warga panik disebabkan kondisi sedang terlelap tidur air masuk dengan cepat," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (21/2).

Ia menyebutkan, tanggul jebol yang berada di sisi Kabupaten Bekasi dan berbatasan dengan Kabupaten Karawang tersebut membuat 6.000 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Luapan air dari Sungai Citarum yang tanggulnya jebol tersebut membuat banjir di permukiman warga dengan ketinggian 1,5 meter. Warga langsung mengungsi ke tanggul Citarum yang letaknya lebih tinggi.

"Warga dibantu relawan untuk mengungsi ke lokasi pengungsian di sepanjang tanggul Citarum dan irigasi," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Tim BPBD Kabupaten Bekasi untuk segera melakukan evakuasi dan penanganan mengingat masyarakat masih banyak yang terjebak di rumahnya.

"Masih banyak itu yang di lantai dua atau atap rumah, tolong harus segera dievakuasi," tandasnya.(RMOL/Gelora.co)

Viral Bekasi Sungai Citarum Rumah Air Madrawi


Loading...