Ketua RW Sebut Genangan Warna Putih Susu di Sunter Jaya Jakut Tak Bau

Ketua RW Sebut Genangan Warna Putih Susu di Sunter Jaya Jakut Tak Bau
Detik News
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 19 Februari 2021 14:08 WIB

Terasjabar.id - 

Hujan deras yang mengguyur Jakarta kemarin membuat beberapa wilayah menjadi tergenang. Salah satunya di Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Uniknya, genangan air di Jalan Telaga Raya RT 16 RW 01 yang terjadi Kamis (18/2) itu berwarna putih susu. Ketua RW 01 Kartono mengatakan genangan air tersebut tidak berbau.

"Airnya nggak bau," kata Ketua RW 01 Kartono, Jumat (19/2/2021).


Kartono mengaku kaget saat mengetahui ada genangan berwarna putih susu di wilayahnya. Dia mengatakan kawasan tersebut memang kerap terjadi genangan setelah hujan deras, namun tidak berlangsung lama.

"Ini kemarin kok tahu-tahu ada busa utuh, ini mungkin ada yang buang baking soda atau apa. Kebetulan sini kan memang kalau habis hujan, banjir, tapi ya begitu hujan berhenti, hilang," ujarnya.

Kartono menyebut air berwarna putih susu itu hanya menggenangi gang tersebut sepanjang sekitar 20 meter dengan ketinggian sekitar 10 cm. Dia menduga air berwarna putih susu itu berasal dari rumah warga.

"Di sini saja (gang RT 16), ya 15-20 meteran (air putih susu mengalir). Makanya saya bingung saya semalam dapat IG dari ini aja saya kok ada begini di wilayah saya. Kayaknya abis nyuci apa, kulkas atau apa.(Tinggi genangan) semata kakilah sekitar 10 cm," ucapnya.

Lebih lanjut, Kartono mengaku telah mengambil sampel air untuk diuji di Dinas Kesehatan Lingkungan (DLH) DKI Jakarta. Dengan begitu, diharapkan sumber asal air putih tersebut menjadi jelas.

"Kita bingung (air) limbah atau bukan, ada dampaknya atau nggak seperti itu. Jadi air itu mengandung limbah atau nggak akan kita biar DLH yang tahu. (Dugaan sementara) kita belum tahu. Itu kemarin doang (air susu) sebelumnya nggak ada. Ini sekarang bersih," katanya.

"Ini mau tak (saya) kasih ke kelurahan, nanti biar Pak Lurah yang kasih ke Lingkungan Hidup," lanjut Kartono.

Sementara itu, pantauan di lokasi, kini sudah tidak terlihat lagi genangan di wilayah tersebut. Namun saluran got di sekitar permukiman memang masih terlihat berwarna putih tak pekat.

(mae/mae/Detik.com)

Viral hujan Deras Jakarta Sunter Jaya


Loading...