Advertisement

Georginio Wijnaldum Khawatir RB Leipzig Mengulang Kemenangan Liverpool atas Barcelona

Georginio Wijnaldum Khawatir RB Leipzig Mengulang Kemenangan Liverpool atas Barcelona
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Jumat, 19 Februari 2021 09:57 WIB

Terasjabar.id - Liverpool mengalahkan RB Leipzig pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, tapi gelandang Georginio Wijnaldum mengaku belum merasa tenang.

Wijnaldum merasa skuadnya belum pasti lolos ke babak perempatfinal meski Liverpool sudah meraih kemenangan 2-0 atas Leipzig dalam laga di Stadion Puskas Arena.

Kekhawatiran yang dirasakan gelandang asal Belanda ini justru berasal dari keberhasilan Liverpool mengandaskan perlawanan Barcelona dalam semifinal Liga Champions musim 2018-2019.

Saat itu Liverpool menang 4-0 di Stadion Anfield, termasuk berkat sumbangan satu gol dari Georginio Wijnaldum, setelah mereka takluk 0-3 dari Barcelona saat melawat ke Camp Nou.

Hasilnya, skuad The Reds mampu melaju ke babak final serta meraih gelar juara setelah mengandaskan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

"Para pemain masih harus menjaga fokus di leg kedua walaupun peluang tim ini melaju ke perempatfinal memang besar," ujar Wijnaldum seperti dilansir dari Goal.

"Kami menunjukkan segala hal masih mungkin terjadi, termasuk ketika Anda sudah unggul 3-0 sekalipun."

Dalam pertemuan pertama lalu, Liverpool berhasil memanfaatkan kesalahan pemain Leipzig untuk mendulang gol melalui Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Striker Liverpool Senegal Sadio Mane dilanggar oleh bek Leipzig Nordi Mukiele pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan FC Liverpool di Puskas Arena di Budapest, Rabu (16/2/2021).
Striker Liverpool Senegal Sadio Mane dilanggar oleh bek Leipzig Nordi Mukiele pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan FC Liverpool di Puskas Arena di Budapest, Rabu (16/2/2021). (ATTILA KISBENEDEK / AFP)

Kemenangan itu sedikit mengangkat suasana ruang ganti Liverpool, yang sebelumnya mengalami tiga kekalahan secara beruntun dalam kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League.

Wijnaldum berharap rekan setimnya bisa kembali tampil optimal pada leg kedua yang akan digelar bulan depan.

"Rasa percaya diri bagi para pemain menjadi hal penting yang bisa kami dapatkan selepas pertandingan kemarin," kata Wijnaldum.

"Terlebih karena kami menghadapi tim yang bermain dengan penuh kejutan dalam skema permainannya, hal yang bisa terjadi pada laga tiga pekan ke depan."

Kemenangan atas Leipzig bisa menjadi bekal positif bagi Liverpool dalam melanjutkan perjalanan di Premier League musim ini.

Skuad asuhan pelatih Juergen Klopp itu akan menghadapi partai derbi Merseyside melawan Everton pada akhir pekan ini.

Klopp: Banyak Orang Menunggu Kami Terpeleset Lagi

Pelatih Juergen Klopp pun buka suara setelah Liverpool berhasil mengatasi perlawanan RB Leipzig pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.

Juergen Klopp mengakui bahwa laga ini berat bagi timnya.

“Itu adalah pertandingan yang sulit," kata Klopp selepas pertandingan, seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

"Kami tidak bisa membangun mentalitas raksasa dalam satu pertandingan, tapi malam ini kami bagus," Klopp.

Juergen Klopp
Juergen Klopp (Tribunnews.com)

Kemenangan ini menjadi modal bagus bagi Liverpool yang akan melakoni leg kedua di Anfield, 10 Maret 2021.

Mereka hanya membutuhkan hasil imbang, minimal 0-0 untuk sampai di perempatfinal Liga Champions.

Namun, menurut Klopp, ini adalah hasil sementara. Masih ada laga yang harus dimainkan dan Liverpool bisa saja terlepeset.

"Ini baru leg pertama. Saya tahu banyak orang menunggu kami untuk terpeleset lagi," ucap Klopp.

"Namun, malam ini anak-anak melakukannya dan saya senang untuk mereka," ujar eks pelatih Borussia Dortmund itu.

Striker Leicester City Inggris Jamie Vardy (kiri) mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Liverpool di King Power Stadium di Leicester, Inggris tengah pada 13 Februari 2021.
Striker Leicester City Inggris Jamie Vardy (kiri) mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Liverpool di King Power Stadium di Leicester, Inggris tengah pada 13 Februari 2021. (Michael Regan / POOL / AFP)

Sikap Klopp yang tidak mau jemawa atas kemenangan ini bisa dipahami karena Liverpool sekarang punya "penyakit" inkonsistensi.

Sebelum ini, Liverpool menelan tiga kekalahan beruntun di Liga Inggris, dua di antaranya terjadi di kandang sendiri.

Si Merah takluk saat menjamu Brighton & Hove Albion (0-1) dan Manchester City (1-4).

Satu kekalahan lainnya ditelan Liverpool saat bertandang ke marakas Leicester City (1-3).

Catatan buruk di kandang musim ini juga menjadi peringatan bagi Liverpool sebelum menjamu Leipzig pada leg kedua bulan depan. (*)

(Tribunjabar.id)


Liverpool RB Leipzig Barcelona


Loading...