Telah Memasuki Hari Ke-12, Pencarian Pesawat Sriwijaya Air Difokuskan di Bawah Air

Telah Memasuki Hari Ke-12, Pencarian Pesawat Sriwijaya Air Difokuskan di Bawah Air
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 20 Januari 2021 12:53 WIB

Terasjabar.id - Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman menyampaikan, Tim SAR gabungan memfokuskan pencarian Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak di bawah laut yang telah memasuki hari ke-12.

"Untuk fokus pencarian pada hari ini kita lebih kepada bawah air," kata dia di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1).

Rasman menerangkan, 300 penyelam yang tergabung dalam operasi SAR akan menyisir empat zona. Masing-masing zona luas 15 sampai 30 meter. Rasman menyakini yang disusuri adalah lokasi persis jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

FOLLOW JUGA :

"Jadi kita persempit di situ karena diperkirakan di situlah titik pecahan atau titik jatuhnya. Dan itu terbukti dari pencarian yang dilakukan kemarin kita masih bisa menemukan bagian tubuh korban dan serpihan. Harapan kita CVR juga ada di sekitar situ," ucap dia.

Selain pencarian di bawah laut, pencarian juga dilakukan melalui udara. Rasman menyebut, 15 unit pesawat dikerahkan dalam operasi SAR hari ini. Pun demikian dengan pencarian di atas permukaan. Rasman mengatakan hal itu tetap dilakukan. Bahkan, diupayakan sampai ke pesisir pantai Utara Jawa ke arah Jakarta, Banten, dan sebagainya.

"Penyisiran menggunakan 62 unit kapal, namun tidak semua ada di lokasi. Ada yang sebagian harus sandar untuk mengisi logistik dan lain sebagainya. RIB kita atau alut kecil itu masih 21 unit," ucap dia.


Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Tim SAR Gabungan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Pandemi Covid-19


Loading...