Advertisement

Vincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Pilot

Vincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Pilot
Editor: Malda Hot News —Kamis, 14 Januari 2021 14:08 WIB

Terasjabar.id - 

Vincent Raditya ungkap seluk beluk makanan dan minuman yang dikonsumsi pilot. Seperti ini penjelasannya.

Segala informasi mengenai dunia penerbangan selalu menarik disimak, apalagi jika informasi itu dibagikan oleh pihak yang bersangkutan seperti pilot.

Adalah Vincent Raditya, pilot yang juga aktif sebagai YouTuber. Kepada lebih dari 5 juta subscribers-nya, ia sering mengungkap hal-hal menarik seputar dunia penerbangan.


Terbaru (14/1), di Instagram, ia menunjukkan bagaimana suasana makan di kokpit. Vincent nampak hendak menikmati makanan yang disajikan untuknya.

"Hello from 38.000 feet. That is why i love flying," tulisnya di keterangan foto. Banyak netizenpun menyukai pemandangan ini.

Sebelumnya melalui YouTube, Vincent juga membahas makanan dan minuman yang dikonsumsi pilot. Pria 36 tahun ini membagikannya dalam sesi Cerita Kokpit (Ceriko) (11/9/20).

Mulai dari mekanisme pemberian makanan untuk pilot, pilihan makanan, hingga pengalamannya menikmati makanan untuk pilot saat bekerja di maskapai penerbangan komersial.

Seperti ini cerita Vincent Raditya mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi pilot:

1. Siapa maskapai penerbangannya?


baki makanan di pesawatVincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Pilot Foto: Istimewa

Di awal video, Vincent mengungkap mekanisme pemberian makanan dan minuman untuk pilot bergantung pada 3 hal. Ketiganya adalah perusahaan maskapai penerbangan, negara atau wilayah tempat sebuah pesawat berada, dan catering service yang dipilih maskapai penerbangan.

"Tiga hal ini akan menentukan jenis makanan yang akan diberikan pada pilot," katanya.

Ada maskapai penerbangan yang memberikan makanan dalam bentuk paket siap santap atau berupa uang saku (allowance) untuk makan. Vincent mengatakan, "Kita diberikan allowance sekian juta misalnya. Ini pilihan dari airlinenya, tergantung kebijakan maskapai itu.

Kedua, apakah maskapai itu low cost carrier atau premium service? "Ini tidak bisa dikategorikan secara general, ini kebijakan masing-masing airline. (Tapi) secara general, maskapai low cost carrier memberikan allowance. Tapi ada juga yang memberi makanan seperti meal box," ujar Captain Vincent.

Sementara premium service airline menghitung dulu berapa harga yang mampu dibayarkan untuk setiap penerbangan. "Dia harus menghitung harga pasar, lalu berapa harga makanan yang bisa dikeluarkan dari cost itu," lanjut Vincent.

Biasanya untuk penerbangan di bawah 2 jam akan diberikan snack ringan dan di atas 2 jam diberikan makanan komplet.

"Saya juga pernah di maskapai dimana kita tidak pernah dikasih makanan, kita hanya diberikan allowance. Memang uangnya lebih besar, cuma menurut saya ini treat tidak mengenakkan. Setiap terbang kan kita laper ya, nah kalau kita lapar kita harus memikirkan kapan dan bagaimana kita membeli makanan."

Menurut Vincent hal ini sebenarnya kurang menguntungkan pilot. Sebagai solusi, biasanya ketika pesawat hendak mendarat di kota tujuan, pilot akan menghubungi pihak perusahaan penerbangan untuk dibantu dibelikan makanan.

2. Di negara mana pesawat berada?

makanan pesawatVincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Pilot Foto: Istimewa

Hal kedua yang mempengaruhi pemberian makanan dan minuman untuk pilot adalah tergantung pada lokasi pesawat itu berada.

"Tentunya kalau pesawat itu lagi transit, misalnya di Abu Dhabi, jarang sekali kita bawa makanan dari Jakarta. Ini menjadi kendala. Biasanya (pihak maskapai penerbangan) akan membeli catering service di negara itu," kata ayah 3 anak ini.

3. Tergantung catering service

Pemilihan catering service juga menentukan kualitas makanan dan minuman yang akan diterima pilot. Vincent bilang, "Sebenarnya ketika maskapai penerbangan memilih catering service sama halnya dengan memilih restoran mana yang makanannya akan diberikan pada seluruh kru penerbangan."

Ada catering service yang sudah menawarkan paket berdasarkan kategori. "Pemilihannya balik lagi ke budget," tambahnya lagi

4. Makanan yang pernah dimakan Vincent

Vincent juga mengungkap pengalamannya saat menerima makanan untuk pilot. "Di Batavia Air, penumpang diberikan roti. Tapi untuk kru berupa meal crew. Biasanya diisi di Jakarta. Setiap hari karena kita makannya itu terus-terus, kadang boring," katanya.

Ia juga pernah mendapat makanan enak dari premium service airline. Pemilik 1 juta followers Instagram ini bilang, "Waktu pertama kali keluar, kateringnya luar biasa. Ada es krim, salmon, steak. Makanannya first class banget. Nggak pernah dilupain."

5. Review makanan

Vincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi PilotVincent Raditya Ungkap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Pilot Foto: YouTube dan Instagram Vincent Raditya

Di beberapa videonya, Vincent sering mengunggah konten review makanan. Salah satunya ketika liburan di Bali.

Ia menginap di hotel mewah dan menikmati sarapan di sana. Vincent menunjukkan seperti apa makanan-makanan yang disajikan di hotel.

Mulai dari ragam kopi Indonesia, omelet, nasi goreng, beef bacon, ragam roti, dan banyak lainnya.

Di momen lain Vincent pernah mengulas cita rasa bakso rusuk dengan berat 10 kg. Ia juga mencicipi bakso lava mercon seberat 1,2 kg yang isiannya bakso kecil, cabai, dan saus BBQ.

(adr/odi/CNN)

Vincent Raditya Kapt Vincen makanan Pesawat


Related Post



Loading...