Letjen TNI Doni Monardo Menegaskan Protokol Kesehatan Sudah Menjadi Vaksin yang Efektif Mencegah Covid-19

Letjen TNI Doni Monardo Menegaskan Protokol Kesehatan Sudah Menjadi Vaksin yang Efektif Mencegah Covid-19
(BNPB : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 Oktober 2020 09:38 WIB

Terasjabar.id - Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk tidak menggantungkan sepenuhnya penanganan covid-19 pada obat atau vaksin. Ketua Satgas, Letjen TNI Doni Monardo menegaskan protokol kesehatan sudah menjadi vaksin yang efektif mencegah covid-19.

Oleh sebab itu Doni tidak bosa mengingatkan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

"Presiden sudah menyampaikan, sebelum vaksin dan obat ditemukan maka vaksin yang efektif mencegah covid-19 yaitu protokol kesehatan," katanya di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Dia mengatakan masyarakat akan meringankan beban tenaga kesehatan sebagai benteng terakhir penanganan covid-19 dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Menurutnya apa yang harus dilakukan masyarakat belum sebanding dengan perjuangan tenaga kesehatan yang berisiko tinggi tertular, bahkan angka kematian dokter saat ini mencapai 130 orang lebih.

Dia menegaskan kolaborasi pentahelix dari tingkat pusat hingga daerah dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti tokoh agama merupakan cara efektif untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. Doni menegaskan sosialisasi masih perlu dilakukan dan ditingkatkan mengingat ada 17 persen masyarakat Indonesia yang yakin tidak tertular covid-19.

"Kolaborasi pentahelix penting sekali, khususnya tokoh agama, karena masih ada 17 persen masyarakat kita yang menganggap covid-19 tidak mungkin menulari mereka. Satgas juga bekerja sama dengan Dewan Pers, kita ikutkan juga 5.800 wartawan untuk mengupayakan mengubah perilaku masyarakat, termasuk yang 17 persen tadi," ujar Doni.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Covid-19 Protokol Kesehatan Vaksin Letjen TNI Doni Monardo


Loading...