Pohon - Pohon Kayu Putih yang Berada di Bukit Tutari Sentani Jayapura Ramai Dikunjungi Warga Untuk Berwisata

Pohon - Pohon Kayu Putih yang Berada di Bukit Tutari Sentani Jayapura Ramai Dikunjungi Warga Untuk Berwisata
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 20 Oktober 2020 12:15 WIB

Terasjabar.id - Pohon-pohon kayu putih yang berada di Bukit Tutari Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, ramai dikunjungi warga untuk berwisata. Sebagian dari mereka memtik daun yang dipercaya bisa menjadi obat.

Penjaga Situs Megalitik Tutari, Hans Pangkatana mengatakan, warga mulai ramai datang di masa pandemi Covid-19. Mereka berwisata menikmati keindahan alam, karena bisa memandang Danau Sentani dari atas bukit.

"Biasa sore hari ramai. Selain mengambil daun kayu putih, pengunjung bisa berswafoto, karena tempat ini berada ketinggian dan bagus," kata Hans di Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (20/10/2020).

LIHAT JUGA RAMALAN ZODIAK HARI INI : 


Minyak kayu putih memang belum terbukti menjadi penangkal virus corona. Namun khasiat dari ramuan herbal ini diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Hans mengaku, sedikit kewalahan dengan ramainya kunjungan warga. Karena dia merasa bertanggungjawab terhadap lingkungan di Bukit Tutari. Sementara tidak sedikit dari warga memetik daun dari pohon kayu putih.

"Saya hanya memperingatkan jangan ambil banyak-banyak. Saya hanya jaga sendirian, tidak ada teman, situs ini memang kekurangan SDM," ujar dia.

Peneliti senior Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, menyebut pohon-pohon kayu putih di Tutari terbilang unik. Karena tidak bisa tumbuh saat ditanam di tempat lain.

"Mulanya pohon kayu putih ini ditanam untuk penghijauan, karena kondisi situs yang gersang dan panas. Tapi sekarang tidak terpisahkan dengan Situs Tutari," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pohon - Pohon Kayu Putih Kabupaten Jayapura Papua Pandemi Covid-19 Berwisata


Loading...