Maskapai berbiaya rendah, Krisis Akibat Covid-19, AirAsia Akan Kembali PHK Ratusan Karyawan

Maskapai berbiaya rendah, Krisis Akibat Covid-19, AirAsia Akan Kembali PHK Ratusan Karyawan
(JPNN.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 29 September 2020 11:36 WIB

Terasjabar.id - Maskapai berbiaya rendah, AirAsia Bhd akan kembali melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada ratusan karyawan. Langkah itu diambil untuk penghematan dalam menghadapi krisis akibat Covid-19.

CEO AirAsia, Riad Asmat mengatakan belum ada rincian jumlah karyawan yang akan dikurangi. Dia memastikan kebijakan segera diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Dia juga menyebut tidak akan ada pemotongan gaji bagi karyawan yang masih bertahan. Sejak awal Juni, AirAsia telah memangkas 250 karyawan akibat pandemi Covid-19.

“Kami menghadapi masa yang sangat sulit. Kami melakukan yang terbaik untuk mempertahankan sebanyak mungkin dari Anda. Kami sangat berhati-hati dalam membuat keputusan hari ini. Sayangnya, kami harus memutuskan untuk melepaskan beberapa dari Anda,” ujar Riad lewat memo kepada karyawan, dilansir Bernama, Selasa (29/9/2020).

Dalam kebijakan tersebut, tim manajemen AirAsia akan memberikan bantuan bagi karyawan yang terkena dampak PHK seperti tunjangan kesehatan, voucher penerbangan hingga akhir tahun dan bimbingan konseling pekerjaan.

AirAsia juga membuka peluang untuk mempekerjakan kembali karyawan ketika AirAsia pulih dari dampak Covid-19. Maskapai menargetkan upaya perampingan akan selesai pada akhir bulan ini.

Riad mengatakan, maskapai telah menghubungi pemerintah Malaysia tetapi belum mendapatkan respons. Dengan begitu, dia hanya berharap AirAsia bisa melewati krisis tanpa bantuan pemerintah.

Sementara itu, unit maskapai khusus penerbangan jarak jauh AirAsia X mengumumkan maskapai akan melakukan penghematan. Ratusan karyawan dari posisi insinyur hingga awak kabin akan dipangkas dalam waktu dekat. Sebagian karyawan juga sudah ditawari cuti tanpa upah selama enam bulan atau sampai situasi membaik.

“Saya tidak tahu kapan kita akan terbang kembali. Kami pikir yang terbaik adalah berhemat dan kami berharap kami memberikan kepastian kepada masyarakat,” kata CEO AirAsia X, Benyamin Ismail.

Disadur dari iNews.id

AirAsia Bhd PHK Pandemi Virus Corona berbiaya Rendah


Loading...