Kopi dan Teh Menjadi Minuman yang Mempunyai Reputasi Bagus Untuk Kesehatan Tubuh, Mana yang Paling Sehat Diminum Pagi Hari?

Kopi dan Teh Menjadi Minuman yang Mempunyai Reputasi Bagus Untuk Kesehatan Tubuh, Mana yang Paling Sehat Diminum Pagi Hari?
Ilustrasi (Okezone.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 28 September 2020 10:45 WIB

Terasjabar.id - Kopi dan teh menjadi minuman yang mempunyai reputasi bagus untuk kesehatan tubuh. Keduanya juga kerap menjadi minuman yang menemani Anda mengawali di pagi hari.

Sebenarnya, baik teh dan kopi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun pastinya, minum teh atau kopi tanpa susu dan gula dianggap lebih sehat daripada menambahkannya dengan susu, serta gula tambahan.

FOLLOW JUGA :

Tetapi mana yang lebih sehat, kopi atau teh? Berikut jawabannya seperti dilansir dari Food NDTV, Senin (28/9/2020).

Kafein

Kita tahu bahwa manfaat kafein bisa membuat Anda lebih fokus lagi di pagi hari. Kafein dalam batas wajar yakni hingga 400 mg, bisa bermanfaat pada kesehatan seperti meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Kopi hitam memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam. Sementara teh hitam mengandung sekitar 55 mg kafein di setiap delapan ons atau sekitar 236 ml. Kopi mengandung hampir dua kali lipat jumlah itu, yakni 100 mg dengan ukuran yang sama.

Jadi, ini kembali lagi pada selera Anda. Apakah Anda tahan terhadap kafein atau justru sensitif? Jika Anda lebih sensitif dengan kafein, sebaiknya pilih teh hitam.

Manfaat kesehatan

Kopi hitam disebut dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu dalam pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan tingkat energi, bahkan dikatakan dapat meningkatkan kognisi, mengurangi risiko Alzheimer, serta demensia. Jika dibandingkan dengan teh, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme jauh lebih baik.

TONTON DAN SUBSCRIBE JUGA CHANNEL KAMI : 

Di sisi lain, teh tersedia dalam banyak varietas kaya kafein, termasuk hijau, hitam, putih, dan oolong. Bergantung pada teh berkafein yang Anda sukai, teh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Teh hitam misalnya, dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, menjaga gula darah tetap terkendali dan mengurangi risiko stroke. Teh juga kaya akan antioksidan yang melindungi fungsi jantung dan melawan peradangan dalam tubuh.

Jadi, Anda tim kopi atau teh?

Disadur dari iNews.id

Kopi dan Teh Kesehatan Tubuh Minuman Pagi Hari


Loading...