Objek Wisata Taman Sari yang Terletak di Kecamatan Kraton Kini Tampil Dengan Nuansa Baru, Disambut Dengan Berbagai Kreasi Mural

Objek Wisata Taman Sari yang Terletak di Kecamatan Kraton Kini Tampil Dengan Nuansa Baru, Disambut Dengan Berbagai Kreasi Mural
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 25 September 2020 14:11 WIB

Terasjabar.id – Objek wisata Taman Sari yang terletak di Kecamatan Kraton, Yogyakarta kini tampil dengan nuansa baru. Wisatawan yang datang akan disambut dengan berbagai kreasi mural di gang masuk yang ada di selatan bangunan.

Pembuatan mural ini melibatkan 30 seniman lukis dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Mereka berekspresi menuangkan ide dan kreativitas membuat lukisan di tembok hingga di rumah warga.

“Ada 30 seniman yang terlibat mereka membuat mural di dinding rumah warga, gedung hingga tembok pembatas Kampung Taman,” kata Ketua Panitia Mural Kampung Taman, Bakti Wibawa Jumat (25/9/2020).

Kegiatan pembuatan mural ini mendapat dukungan dari beberapa seniman dari luar negeri, di antaranya dari Jepang, Finlandia, Serbia, hingga Yunani. Bahkan, sejumlah seniman fotografi, sastra dan sinematografi ikut mendukung kegiatan ini.

“Ini merupakan kegiatan tahunan, sekaligus mengisi kegiatan di Tamansari saat pandemi Covid-19,” katanya.

Mural yang diangkat dalam kegiatan bertema Pelestarian Situs Tamansari dan Lingkungan Budayanya ini, cukup beragam. Mulai dari kritik sosial, wayang, sejarah dan budaya sampai dengan cerita terkait Tamansari sendiri. Tidak sedikit yang menceritakan kondisi Covid-19.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi kegiatan sebagai bagian dari inovasi di dunia pariwisata. Keberadaan mural ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke objek wisata Taman Sari.

“Ini akan menjadi daya tarik, semoga menjadi kawasan yang terintegrasi,” kata Heroe.

Seorang seniman dari Jepang Minami Kitabayashi mengaku senang bisa ikut dalam pembuatan mural ini. Apalagi lokasi ini sangat kental dengan cerita sejarah dan cukup terkenal.

Disadur dari iNews.id

Objek Wisata Taman Sari Yogyakarta Kreasi Mural


Loading...