Roller Barrier Ridwan Kamil di Cikidang Sukabumi, Mampu Minimalkan Kecelakaan Saat Ditabrak Truk

Roller Barrier Ridwan Kamil di Cikidang Sukabumi, Mampu Minimalkan Kecelakaan Saat Ditabrak Truk
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 14 September 2020 12:22 WIB

Terasjabar.id - Roller Barrier sepanjang 60 meter di turunan leter S daerah Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah membuktikan kekuatannya.

Roller barrier program Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu telah diuji saat terjadi kecelakaan lalu lintas beberapa waktu lalu.

Sebuah Truk Mitsubishi Fuso Colt Diesel yang membawa muatan bahan semi chemical sebanyak 280 sak terlibat kecelakaan dan menabrak roller barrier.

Benar saja, roller barrier itu berhasil meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk Mitsubishi Fuso Colt itu.

Saat terjadi kecelakaan, truk hanya mengalami penyok di bagian samping akibat benturan dengan roller barrier.

Namun roller barrier itu malah bengkok setelah tertabrak truk muatan bahan semi chemical itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat menjelaskan, kondisi roller barrier itu bisa bengkok karena faktor terjadinya kecelakaan.

Menurutnya, ketika sudut kendaraan saat menabrak 60 derajat, maka roller barrier akan berputar dan tidak akan bengkok.

Namun, ketika mobil menabrak lurus atau 90 derajat ke roller barrier, maka hal itu bisa membuat roller barrier bengkok.

"Kalau misalnya sudutnya 60 itu dari samping gak akan bengkok, pasti berputar roller barriernya, kayaknya dia gini (90 derajat), Water barrier itu tadi selain peredam, itu penahan juga, kalau misalnya dia lurus, pasti bengkok," ujarnya.

Ia menegaskan, dengan terjadinya kecelakaan beberapa waktu itu sudah membuktikan bahwa roller barrier dapat meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas.

"Kenapa tadi water barrier, selain rol, dia itu peredam, hanya memang apapun bentuknya, itu mah hanya meminimalkan dampak yang lebih besar lagi, kalau untuk menghindarkan itu gak bisa kalau udah celaka mah," katanya.(Tribunjabar.id)




Roller Barrier Kecelakaan Ridwan Kamil


Loading...