Stungta X Pindad, Ini Keunggulan Alat Pemusnah Sampah Karya Anak Bangsa

Stungta X Pindad, Ini Keunggulan Alat Pemusnah Sampah Karya Anak Bangsa
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 4 September 2020 09:38 WIB

Terasjabar.id - Satu lagi teknologi karya anak bangsa,Stungta X Pindad diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Stungta X Pindad merupakan solusi dalam penanganan masalah sampah dengan menggunakan teknologi smokeless incinerator, mesin pembakar sampah yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan dan hemat energi.

Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heri Heriswan mengatakan,
Stungta X Pindad merupakan solusi inovatif yang bermanfaat untuk lingkungan dan siap untuk memproduksi secara massal.

“Stungta X Pindad merupakan salah satu bagian dari solusi inovatif penanganan sampah yang ramah lingkungan. Kami mendukung penuh inovasi karya anak bangsa ini dan siap memproduksi bersama-sama secepatnya untuk membenahi lingkungan kita di berbagai daerah di tanah air,” kata Heri Heriswan di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (3/9/2020).

Heri berharap kehadiran produk ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan, pengembangan sosial dan kesehatan terutama pada kondisi pandemik Covid-19 saat ini.

Heri juga mengapresiasi dukungan penuh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Gubernur, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan Bupati sehingga produk inovatif yang diusung putra-putra daerah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di dalam negeri.

Dengan hadirnya produk ini, saatnya sampah dari tingkat hulu dipilah ekonomis dan non-ekonomis, organik dan an-organik untuk selanjutnya dimanfaatkan, lalu residu sampah dimusnahkan melalui mesin ini sehingga mengurangi beban pengiriman sampah bermasalah ke TPA.

Kerjasama Pindad dan Hejotekno sendiri telah diawali dengan penandatanganan MoU pada 26 Februari 2020 terkait kerjasama produksi bersama Stungta, penjualan produk, kegiatan sertifikasi dan kegiatan bisnis lainnya.

Stungta X Pindad ini memiliki kelebihan
yakni ramah lingkungan dengan Incinerator tidak menghasilkan asap dan zat berbahaya lainnya karena sudah melalui pembakaran sempurna (double burner), filter dan treatment asap.

Selain itu, heemat Energi karena Stungta x Pindad Incirenator adalah teknologi tepat guna untuk minimasi masalah sampah dengan sistem tungku dan treatment air sehingga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Stungta X Pindas juga dilengkapi System Continuous yakni dapat menginput sampah pada pembakaran yang bisa dilakukan secara terus menerus dan berbeda dengan incinerator lain yang menggunakan system buka tutup pintu ruang bakar serta mengharuskan burner dimatikan dan didinginkan ketika akan memasukan sampah baru.

Dengan sistem pembakaran sempurna suhu ruang 800-1200 °C dapat memusnahkan hampir seluruh jenis sampah kering dan basah diminimasi menjadi ± 5% dari volume awal sampah.

Stungta X Pindad juga menggunakan System Compact & Portable yakni dengan Stungta Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam aplikasi lapangan, karena memiliki desain yang kompak, ukuran kecil dan kemudahan mobilisasi dengan sumber listrik yang independent (genset)

Kemudahan Pengoperasian juga jadi kelebiha Stungta x Pindad karena smokeless Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam mengoperasikan, yaitu dengan kelebihan pada desain ergonomis dan kemudahan operasional sehingga memudahkan operator dalam melakukan proses kerja.

(Tribunjabar.id)


Stungta X pindad Anak Bangsa alat Pemusnah Sampah


Loading...