Advertisement

Berikut Beberapa Cara Gampang Mengatasi Memori Penuh di iPhone

Berikut Beberapa Cara Gampang Mengatasi Memori Penuh di iPhone
(Forbes : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 1 September 2020 10:31 WIB

Terasjabar.id - Memori ponsel yang penuh merupakan salah satu masalah yang mengganggu. Apalagi jika itu terjadi ketika kita sangat membutuhkan menyimpan dokumen atau harus mengabadikan momen penting.

Masalah ini kerap terjadi pada ponsel berkapasitas kecil, baik Android maupun perangkat iOS. Tapi, seperti yang kita tahu kalau kapasitas memori pada perangkat Apple tak bisa ditambahkan dengan memori eksternal seperti pada ponsel Android.

Oleh sebab itu, memori yang penuh menjadi masalah menyebalkan bagi pengguna iPhone. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkahnya, seperti dirangkum dari PcMag, Selasa (1/9/2020).

Periksa penggunaan memori Anda
Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengecek berapa banyak space atau sisa memoti yang Anda miliki. Caranya, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan. Anda akan melihat diagram batang berkode warna yang menguraikan berapa banyak memori yang digunakan lewat kategori tertentu. Dari sana, Anda bisa mengecek aplikasi mana saja yang menguras memori dengan cache besar.

Sortir aplikasi yang tidak atau digunakan
Jika Anda sudah melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan memori iPhone Anda, Anda bisa pertimbangkan untuk menghapusnya. Pilihlah aplikasi yang jarang atau tidak Anda gunakan lagi, lalu uninstall atau hapus.

Hapus foto dan video yang tak perlu
Foto dan video sering kali menghabiskan lebih banyak memori daripada yang disadari. Jika Anda memiliki lebih dari 1GB, Anda harus mempertimbangkan untuk menyalin foto dan video ke layanan penyimpanan cloud sehingga Anda dapat menghapusnya dari perangkat Anda.

Atau, Anda juga bisa pindahkan ke Drive maupun komputer Anda yang memori penyimpanannya lebih besar. Jika sudah dicadangkan, jangan sayang sayang untuk menghapusnya dari iPhone Anda.

Hapus musik dan cache browser
Beralih ke layanan mucic streaming merupakan cara yang bagus untuk menghemat memori penyimpanan daripada mengunduhnya. Selain itu, hal tak kalah penting untuk mengosongkan memori penuh adalah menghapus cache browser Anda. Untuk Safari, buka Pengaturan > Safari > Ketuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web.

Untuk Chrome di iOS, buka aplikasi, ketuk tiga titik di sudut kanan bawah dan pilih History. Kemudian ketuk Hapus Data Penjelajahan untuk menghapus semuanya atau Edit untuk menghapus situs tertentu. Anda juga dapat menavigasi ke Pengaturan > Privasi > Hapus Data Penjelajahan, yang memungkinkan Anda menghapus riwayat penjelajahan, cookie dan data situs, gambar dan file cache.

Disadur dari iNews.id

Android Apple iPhone iOS Menyimpan Dokumen


Related Post



Loading...