Pemprov Sumut Menyiapkan Sejumlah Skenario Untuk Membantu Masyarakat Karo yang Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

Pemprov Sumut Menyiapkan Sejumlah Skenario Untuk Membantu Masyarakat Karo yang Terdampak Erupsi Gunung Sinabung
(ist/Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 19 Agustus 2020 08:35 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah menyiapkan sejumlah skenario untuk membantu masyarakat Karo yang terdampak erupsi Gunung Sinabung. Salah satu langkah yang dilakukan Pemprov Sumut dan instansi terkait yakni membantu memulihkan pertanian warga.

"Tanaman sayur sayuran 1.300 hektare yang terdampak akan disemprot menggunakan blower. Kalau blower pun tak bisa, dari Danlanud sudah menyarankan untuk dilakukan rekayasa cuaca, hujan, dan kita lihat ke depan," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau kawasan sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Selasa (18/8).

Mantan Pangkostrad ini menyatakan dampak erupsi Gunung Sinabung yang terjadi sejak 8 Agustus lalu tidak hanya di kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Debu vulkanik bahkan sampai ke daerah lain.

"Jalan-jalan harus dibersihkan. Tempat-tempat ibadah perlu dibersihkan. Logistik rakyat perlu diperhatikan," ujarnya.

Pemprov Sumut akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan mengantisipasi potensi erupsi.

"Apabila ini sampai batas waktu tak terkendali. Langkah berikutnya yang akan kita siapkan, itu akan kita bahas di provinsi dan kita akan beri petunjuk pada bapak bupati," ungkap Edy.

Masyarakat diingatkan untuk menghindari zona merah dan mematuhi imbauan petugas. "Jangan mencoba mencuri-curi posisi tersebut, nanti apabila terjadi sesuatu seperti yang tidak kita harapkan, ini sangat mengerikan," terangnya.

Selain mengantisipasi dampak erupsi, Edy juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. "Covid masih ada dan Covid belum selesai, gunakan masker semaksimal mungkin protokol kesehatan dilaksanakan," imbaunya.

Dalam peninjauan ini, Edy didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, serta para pejabat Pemprov Sumut, Polda Sumut, dan Kodam I Bukit Barisan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menyatakan pihaknya menyiapkan watercanon untuk membersihkan lahan-lahan yang berdebu akibat erupsi Gunung Sinabung. "Polda akan membantu watercanon untuk membesihkan lahan-lahan yang berdebu," sebutnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Pemprov Sumatera Utara Gunung Sinabung Erupsi Gubernur Sumut


Loading...