Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulsel Untuk Pertama Kalinya Didarati Pesawat

Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulsel Untuk Pertama Kalinya Didarati Pesawat
(iNews/Leo Muhammad Nur : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 13 Agustus 2020 11:57 WIB

Terasjabar.id - Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk pertama kalinya didarati pesawat. Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP itu sukses mendarat pada sekira pukul 10.30 Wita, Rabu (12/8/2020).

Pesawat ini milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Pesawat tersebut sekaligus melakukan uji coba runway atau landasan pacu Bandara Buntu Kunik.

"Tadi pesawat kalibrasi sudah mendarat di Bandara Buntu Kunik (BBK). Itu uji coba sebelum Presiden mendarat ke sana. Karena kita berharap sebenarnya Agustus ini, bandara kita akan diresmikan," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Nurdin menyebutkan, kehadiran BBK menjadi satu bukti sistem transportasi yang sudah dibangun di Sulsel. Bandara baru ini akan semakin memberikan nilai tambah pada perkembangan pariwisata di Toraja.

Mantan Bupati Bantaeng ini sebelumnya juga menyampaikan progres pembangunan Bandara Internasional Toraja Buntu Kunik, di Tana Toraja. Pada bulan Agustus tahun ini, bandara tersebut ditargetkan sudah dapat melayani pesawat jenis ATR-72.

Gubernur meminta kepada pemerintah pusat untuk memaksimalkan dengan landasan pacu 2.600 meter. Saat ini, pembangunannya telah sampai 1.400 meter dan sudah bisa melayani pesawat jenis ATR-72.

Disadur dari iNews.id

Bandara Buntu Kunik Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulsel Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP


Loading...