Cibuntu Favorite Sebagai Desa Wisata Pemberdayaan

Cibuntu Favorite Sebagai Desa Wisata Pemberdayaan
Bupati H Acep Purnama mengapresiasi giat 'bimtek'
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 13 Agustus 2020 09:46 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kab Kuningan Jawa Barat merupakan tempat favorite sebagai desa wisata pemberdayaan. Hal ini dibuktikan dengan potensi alam dan kreativitas warganya, yang menunjang kemajuan pariwisata di kawasan ini.

Dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kreativ, Dinas Pemuda Olahraga &Pariwisata Kuningan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekonomi kreatif dan Tata Kelola Wisata Desa di desa Cibuntu, yang dihadiri oleh Disparbud Provinsi Jabar, Disporapar, Kepala Pusat Kajian Pengembangan Bisnis Pariwisata STP Trisakti, Ketua TP.PKK, Camat Pasawahan, para Kades dan Kelompok tani,Rabu (12/08/2020)

Bupati H Acep Purnama mengapresiasi giat 'bimtek' ini dengan harapan dapat menunjang percepatan Visi-Misi Kab Kuningan "Makmur, Agamis dan Pinunjul" berbasis desa, paparnya.


Bupati Acep Purnama sebelum membuka acara sangat tertarik denfan prodak-prodak ekonomi kreatif warga desa Cibuntu seperti, proak makanan, pembuatan kopi, tembikar, Calung dan lainnya. Acep sangat antusias berkeliling di lokasi acara di dampingi Kepala desa Cibuntu Awam, untuk melihat ekonomi kreatif Desa etempat.
Kepala desa Cibuntu Awam disela acara menuturkan, desa Cibuntu menorehkan prestasi penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai Desa peringkat ke-2 CBT ini merupakan Community Based Tourism, (CBT) di Indonesia (2017). Cibuntu layak menjadi desa favorit untuk dijadikan tempat wisata berdasarkan pemberdayaan, jelas Awam.


Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kemajuan Desa Cibuntu. “Potensi desa dapat dipergunakan untuk kemaslahatan masyarakatnya, dengan adanya produk asli hasil Desa Cibuntu seperti angklung dan madu, diharapkan pemerintahan daerah dapat membantu proses pemasaran produk tersebut.”ujar Awam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab Kuningan DR H Toto Toharudin mengemukakan, melalui 'bimtek' pengembangan ekonomi kreatif dan tata kelola desa wisata, diharapkan akan memotivasi sumber daya manusia untuk terus meningkatkan inovasi desa, kearah yang lebih maju, ujarnya disela acara.

(H WAWAN JR)

Desa Cibuntu Desa Wisata Pemberdayaan Kabupaten Kuningan Jawa Barat Bupati Kuningan


Loading...