PNS Hingga Pensiunan Baru Saja Menerima Gaji Ke-13, Menteri Keuangan Ajak PNS Pakai Gaji ke-13 untuk Beli Produk UMKM

PNS Hingga Pensiunan Baru Saja Menerima Gaji Ke-13, Menteri Keuangan Ajak PNS Pakai Gaji ke-13 untuk Beli Produk UMKM
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 11 Agustus 2020 09:52 WIB

Terajsabar.id - Pemerintah kembali memberikan gaji ke-13 pada tahun ini kepada PNS hingga pensiunan. Kebijakan ini diharapkan mendorong daya beli masyarakat.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, gaji ke-13 yang bersumber dari anggaran negara seharusnya digunakan untuk membeli produk-produk lokal, terutama UMKM.

"Saya mengajak mereka yang baru saja menerima gaji ke-13, ayo gunakan gaji ke-13 dengan bijak. Belilah produk-produk buatan Indonesia. Bersama-sama kita bangkitkan industri dalam negeri khususnya UMKM Indonesia," tulis Sri Mulyani dalam akun instagram @smindrawati, Selasa (11/8/2020).

Dia melanjutkan filosofi awal gaji ke-13 merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk meringankan biaya sekolah awal tahun ajaran baru, seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun adanya pandemi Covid19, gaji ke-13 diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Tentunya sudah banyak yang menunggu-nunggu pencairan gaji ke-13. Ya, Presiden Jokowi telah menginstuksikan pembayaran gaji ke-13 bagi ASN, TNI, POLRI, dan pensiunan yang bertujuan untuk mendorong daya beli masyarakat," katanya.

Dia menyampaikan gaji ke-13 untuk PNS, anggota TNI, Polri, pegawai nonASN yang bekerja di instansi pemerintah, hakim pada kembaga peradilan, serta pensiunan telah dicairkan.⁣

Secara keseluruhan, anggaran yang dialokasikan untuk gaji ke-13 mencapai Rp28,82 triliun, terdiri dari dana APBN Rp14,83 triliun dan APBD Rp13,99 triliun. Tak hanya PNS biasa, pejabat eselon I dan II yang awalnya dikabarkan tak dapat pun diberikan.

"ASN termasuk pejabat eselon 1 dan 2, juga mengalami banyak perubahan pola kerja maupun jumlah jam kerja dalam menyusun berbagai kebijakan penanganan dampak pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah ingin mengapresiasi kinerja tersebut dengan pemberian gaji ke-13," tuturnya.

Disadur dari iNews.id

Gaji 13 PNS Cair Pensiunan Menteri Keuangan Sri Mulyani


Loading...