Advertisement

Ledakan Dahsyat Terjadi di Beirut Lebanon, Ledakan Juga Picu Gempa Bumi

Ledakan Dahsyat Terjadi di Beirut Lebanon, Ledakan Juga Picu Gempa Bumi
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 5 Agustus 2020 12:05 WIB

Terasjabar.id - Dahsyatnya dua ledakan di Beirut, Lebanon, bukan cuma menghancurkan gedung-gedung di sekitarnya. Guncangan yang disebabkan ledakan juga memicu gempa bumi.

Dikutip dari Associated Press (AP), Rabu (5/8/2020), Pusat Studi Bumi Jerman (GFZ) mencatat ledakan besar di Beirut mengakibatkan gempa lokal bermagnitudo 3.5.

Sedangkan suara ledakan mencapai Pulau Siprus di Laut Mediterania yang berjarak 240 kilometer dari pusat ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon.

Gelombang kejut ledakan juga menyebabkan kerusakan pada gedung-gedung dan kendaraan dalam radius kurang lebih 5 km. Rata-rata kerusakan yang dialami adalah pecah kaca akibat kencangnya dentuman ledakan.

Sejauh ini, korban tewas yang berhasil dievakuasi dari lokasi sebanyak 73 orang dan lebih dari 2.000 orang mengalami luka-luka.
Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, menuding adanya bahan peledak yang disimpan di gudang pelabuhan selama enam tahun. Dia mendapat laporan terdapat 2.750 ton amonium nitrat--bahan pembuat pupuk dan peledak--di gudang sebelum terjadi ledakan.

Hassan memerintahkan otoritas kepolisian serta militer bergerak cepat melakukan investigasi dan mencari pihak yang bertanggung jawab atas keberadaan bahan baku peledak tersebut.

"Saya tidak akan diam sampai kita menemukan orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, sehingga kita dapat meminta pertanggung jawaban dan menerapkan hukuman paling berat," kata perdana menteri dalam akun Twitter resminya.

Disadur dari iNews.id

Ledakan Beirut Lebanon Trending Topic Gempa


Related Post



Loading...