Angka Reproduksi Virus Corona di Jawa Baray Kembali Meningkat, Temuan Kasus Baru Setelah Melakukan Tes Masif

Angka Reproduksi Virus Corona di Jawa Baray Kembali Meningkat, Temuan Kasus Baru Setelah Melakukan Tes Masif
(Bisnis Jabar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 3 Agustus 2020 13:02 WIB

Terasjabar.id - Angka reproduksi Covid-19 di Jawa Barat kembali meningkat di atas angka satu seiring dengan temuan kasus baru setelah melakukan tes masif. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta semua pihak waspada karena mayoritas yang terkonfirmasi positif berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Saat ini, angka reproduksi berada di angka 1,05. Mengikuti standar dari World Health Organization (WHO), wilayah dengan angka di bawah 1 itu dinyatakan bisa mengendalikan virus.

"Angka reproduksi meningkat, tentu kewaspadaan harus meningkat. 1.05 kita harus tekan lagi di bawah satu," kata dia usai Rapat Gugus Tugas Covid-19 di Makodam III/Siliwangi, Senin (3/8/2020).

Menurut dia, peningkatan itu terjadi tak lepas dari masifnya tes Covid-19 yang dilakukan. Sejauh ini, sudah dilaksanakan 160 ribu swab tes di berbagai tempat. Jumlah itu ia klaim terbanyak dibanding provinsi lain di luar dari DKI Jakarta.

"Jadi kalau diperbandingkan dengan provinsi lain, jabar terbanyak dari seluruh provinsi di luar Provinsi DKI Jakarta," kata dia.

Di sisi lain, angka kesembuhan di Jawa Barat pun lebih tinggi dibandingkan kasus positif yang aktif. Berdasarkan data, angka yang sembuh dari Covid-19 mencapai 3.992 orang. sedangkan yang positif aktif sebanyak 2.435 orang.

Imbasnya, kondisi rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 yang berada di Jawa Barat masih dalam keadaan stabil, tidak ada penumpukan. Ruang isolasi yang digunakan masih berada di angka 28 persen.

"Yang sembuh sudah jauh lebih tinggi dari yang sakit. Saya laporkan, Rumah Sakit masih stabil, ruang isolasi yang dipergunakan di angka 28 persen. Tetapi, di Jabar ini mengindikasikan (mayoritas) OTG, (ini) yang harus diwaspadai," tuturnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Angka Reproduksi Covid-19 Jawa Barat


Loading...