Dialog Pengembangan Ekonomi Kawasan Waduk Darma Disisi Sagara

Dialog Pengembangan Ekonomi Kawasan Waduk Darma Disisi Sagara
Dialog Pengembangan ekonomi di kawasan wisata Waduk Darma Kuningan digelar dialam terbuka Rabu (29/07-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 30 Juli 2020 09:04 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dalam upaya meningkatkan perekonomian dan mengembangkan potensi wisata daerah, Bappeda Kabupaten Kuningan menggelar dialog Pengembangan Ekonomi Kawasan Wisata Waduk Darma Kuningan di area Wisata Sisi Sagara Desa Rabu (29/07-2020). Hadir Wabup Kuningan H.M Ridho Suganda, Ketua DPRD Nuzul Rachdy, SE, Ketua Komisi II, Direktur IRE Yogyakarta, tenaga ahli dari UNPAS Bandung, Sejumlah Kepala SKPD, Camat Darma dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Darma.

Kepala Bappeda Kab Kuningan, Ir. Usep Sumirat mengemukakan, tujuan dialog adalah hasil awal kajian dan program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan IRE Yogyakarta. Selain itu, hasil pemetaan potensi unggulan desa-desa disekitar wilayah pengembangan waduk darma dan strategi pengembangan poros ekonomi Darma-Cigugur-Cilimus, paparnya. Melalui dialog ini, diharapkan memperoleh masukan dan pengembangan melalui dialog dengan para pihak, serta dapat merumuskan kesepahaman awal untuk mensinergikan kebijakan pengembangan kawasan Waduk Darma," paparnya.

Sementara itu Wabup H.M Ridho Suganda, mengatakan, Pemkab Kuningan mencanangkan program unggulan "100 Desa Pinunjul" dengan berbagai kekhas-an nya. Hal itu ujar Ridho, dalam rangka mendorong pemberdayaan masyarakat melalui keunggulan dan potensi lokal sesuai karakter setempat, sehingga akan berdampak positif dalam peningkatan disektor ekonomi masyarakat. Gagasan ini lanjut Ridho, menarik minat mitra kerja berbagai kalangan, salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh IRE Yogyakarta. Tahun ini ditargetkan 8 desa di area pengembangan wisata Waduk Darma, imbuhnya.

Dengan adanya pengembangan ekonomi di area Waduk Darma, Ridho berharap masyarakat Kec Darma menjadi pelaku utama dalam pengembangan ekonomi diwilayahnya, sehingga menjadi tuan rumah, kontributor kemajuan dan penerima hasil kesejahteraan, ungkapnya.

"Mari kita gali potensi pengembangan ekonomi masyarakat sebagai pusat pertumbuhan. Temukan model usaha yang tepat, bangun kekuatan ekonomi berbasis pemberdayaan dan pada akhirnya kita bersama dapat mewujudkan idealisme ekonomi "Berdikari" berdiri di atas kaki sendiri," pungkasnya.

Ketua DPRD Nuzul Rachdy saat diwawancarai disela acara, sangat mengapresiasi dialog pengembangan ekonomi wisata di kawasan Waduk Darma, dengan harapan selain daerah ini menjadi tujuan wisata juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seputar Waduk Darma, ujarnya.

(H WAWAN JR)

Pandemi Virus Corona Kawasan Waduk Darma Potensi Wisata Daerah Kabupaten Kuningan


Loading...