Pasien Terkonfirmasi Positif Virus Corona di Samarinda Tidak Sedikit Menjalani Isolasi Mandiri, Ramai Karantina Lokal

Pasien Terkonfirmasi Positif Virus Corona di Samarinda Tidak Sedikit Menjalani Isolasi Mandiri, Ramai Karantina Lokal
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Juli 2020 13:38 WIB

Terasjabar.id - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Samarinda, Kalimantan Timur, tidak sedikit menjalani isolasi mandiri. Terlebih lagi, mereka yang terkonfirmasi tanpa gejala. Warga ramai membantu agar proses isolasi mandiri berjalan lancar.

Pantauan merdeka.com, tiga hari terakhir ini, di sejumlah kawasan permukiman, warga memasang pemberitahuan adanya zona karantina Covid-19. Tujuannya, agar warga tidak mengucilkan mereka yang sedang isolasi mandiri.

"Iya, warga inisiatif memasang pemberitahuan. Bagi kami, mereka yang isolasi mandiri, mesti dibantu supaya proses isolasi mandiri itu lancar. Jangan dikucilkan," kata Ahmad Fauzi (45), warga Samarinda, kepada merdeka.com, Senin (27/7).

Dinas Kesehatan Kota Samarinda sendiri, saat ini mengubah pola surveilans, menjadi berbasis masyarakat. "Jadi semua warga yang terkonfirmasi positif, kita sampaikan ke Camat," kata Plt Kadinkes Kota Samarinda dr Ismed Kusasih, dalam penjelasan terpisah hari ini.

Perubahan pola surveilans itu, dinilai berimbas pada isu sosial di tengah masyarakat, lantaran adanya pasien positif Covid-19 di tengah-tengah mereka. Mulai dari pemberitahuan zona karantina, hingga bantuan sembako di rumah warga yang sedang isolasi mandiri.

"Dampak sosialnya pasti ada. Tapi itu jalan yang harus dilalui. Penyakit ini bukanlah aib, hilangkan stigma yang buruk. Tetap waspada, tetap jaga protokol kesehatan," terang Ismed.

"Bantu dan dukung warga yang sekarang menjalani isolasi mandiri, dan itu hanya bisa dilakukan oleh kita yang peduli, melakukan surveilans berbasis masyarakat," ungkap Ismed.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak juga menyampaikan, pedoman baru yang dikeluarkan Kemenkes, memang memungkinkan warga positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri. Diharapkan, tidak ada penolakan dari masyarakat.

"Yang bergejala dirawat di rumah sakit. Tidak bergejala, dilakukan isolasi mandiri seperti apabila seseorang terkena influenza berat. Itu, kita bisa lakukan perawatan sendiri," kata Andi dalam penjelasan virtual. 

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Isolasi Mandiri Samarinda Kalimantan Timur


Loading...