Viral Jenazah Dimakamkan Menggunakan Daster, Baru Diketahui Usai Kuburannya Dibongkar Keluarga

Viral Jenazah Dimakamkan Menggunakan Daster, Baru Diketahui Usai Kuburannya Dibongkar Keluarga
Pikiran Rakyat
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 27 Juli 2020 09:10 WIB

Terasjabar.id - Warga dihebodkan dengan video pemakaman jenazah yang menjadi viral di media jejaring sosial. Video itu menunjukkan sosok jenazah dimakamkan menggunakan daster.

Dikutip Pikiranrakyat-bogor.com dari RRI, diketahui, peristiwa itu terjadi di Kelurahan Sukamaju, Kota Medan.

"Iya (benar, red)," kata Lurah Suka Maju, Harry Agus Perdana, Senin 27 Juli 2020.

Agus mengatakan, kejadian itu terjadi pada Jumat 24 Juli 2020, lalu. Dari keterangan rumah sakit tempat pasien dirawat, sebelum meninggal sempat dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Kemudian, pasien meninggal sebelum hasil uji swab keluar dan rencananya dikebumikan dengan protokol Covid-19.


"Pagi itu kami dapat informasi dari rumah sakit Sembiring, diinformasikan ada pasien rapid test reaktif, tapi swab-nya belum keluar," tuturnya.

"Malam Jumat beliau masuk, beberapa jam kemudian meninggal. Hanya saja Rumah Sakit Sembiring menetapkan supaya tetap dikebumikan dengan protokol Covid-19," kata Agus.

Agus mengatakan, pihak rumah sakit meminta agar jenazah dikubur di pemakaman khusus pasien Covid-19 yang ada di Simalingkar.

Namun terjadi keributan dengan pihak keluarga yang akhirnya disepakati dikubur dekat rumah keluarga namun tetap sesuai protokol Covid-19.

"Kalau Covid-19 ini kan tetap ada petinya, nah sama pihak keluarga mereka bongkar," ujar dia.

"Ada informasi katanya petinya kurang pas, setelah itu mereka bongkar, mereka buka itu keluarga, sehingga nampaklah itu almarhumah dalam kondisi masih pakai daster," jelasnya.

Dalam media sosial, terlihat jenazah perempuan dibungkus kain kafan, namun masih menggunakan daster. Jenazah itu sudah di dalam peti dan sudah dimasukkan ke dalam liang lahat.(PikiranRakyat)

Medan Daster Pemakaman Viral


Loading...