Sebanyak 85 Petugas Disdik Kabupaten Purwakarta Periksa Hewan Kurban

Sebanyak 85 Petugas Disdik Kabupaten Purwakarta Periksa Hewan Kurban
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 15 Juli 2020 13:37 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 85 petugas Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta disiagakan untuk memeriksa hewan kurban. Petugas akan menyisir lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban di 17 kecamatan.

Pemeriksaan terhadap hewan untuk menjamin pelaksanaan kurban berjalan secara maksimal. Pemeriksaan dilakukan secara ante mortem maupun post mortem, sehingga semua hewan dapat diketahui layak dikonsumsi atau tidak.

Kepala Diskanak Kabupaten Purwakarta, Budi Supriadi mengungkapkan, petugas juga akan memeriksa umur hewan kurban dan penyakit hati.

"Jika belum cukup umur, maka hewan tersebut tidak boleh dikurbankan. Begitu pula pascapenyembelihan terdapat cacing hati, maka jeroan itu tidak boleh dikonsumsi," kata Budi, Rabu (15/7/2020).

Dia juga menyebutkan, para petugas akan berkoordinasi dengan panitia kurban di setiap lokasi pemotongan. Bahkan, sebelum Idul Adha petugas sudah bergerak mengecek hewan-hewan kurban.

"Hewan kurban yang didatangkan ke Purwakarta banyak dari luar daerahn. Tentu saja perlu pemeriksaan ketat. Selain dalam prosesi pemotongan juga dipandu sesuai arahan MUI dengan mengacu pada protokol kesehatan," terangnya.

Terkait dengan prediksi jumlah hewan kurban, Budi menyatakan, tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekadar diketahui tahun sebelumnya jumlah hewan kurban yang dipotong sekitar 1.500 ekor sapi dan 5.000 ekor domba dengan 700 titik pemotongan.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Hewan Kurbam Diskanak Kabupaten Purwakarta


Loading...