Dampak dari Virus Corona, Wali Kota Pontianak Melakukan Penyesuaian APBD 2020, Akui Defisit Anggaran Rp166 Miliar

Dampak dari Virus Corona, Wali Kota Pontianak Melakukan Penyesuaian APBD 2020, Akui Defisit Anggaran Rp166 Miliar
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 9 Juli 2020 10:31 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melakukan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Dia mengakui ada defisit sekitar Rp166 miliar dampak dari pandemi Covid-19.

Edi mengatakan, penyesuaian anggaran dilakukan untuk menyempurnakan atau merevisi APBD yang sudah ditetapkan di tahun 2019. APBD tahun 2020 sebesar Rp1,86 triliun disesuaikan menjadi Rp1,7 triliun sehingga terjadi defisit sekitar Rp166 miliar.

"Realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19, berdampak pada pemangkasan sejumlah program berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri," katanya di Pontianak, Rabu (8/7/2020).

Edi mengatakan, terkait penanganan Covid-19 di Pontianak, ada penambahan anggaran di sektor kesehatan. Salah satunya anggaran untuk jaring pengaman sosial sebagai upaya penanganan dampak pandemi Covid-19.

Edi menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak mengatasi defisit anggaran yakni melakukan penghematan seperti tidak ada lagi perjalanan dinas bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dengan dimulainya era new normal, dia berharap aktivitas perekonomian di Pontianak mulai bergerak lagi. Sehingga PAD (pendapatan asli daerah) juga mengalami pemasukan atau peningkatan, seperti di sektor pajak hotel, restoran, parkir dan lainnya, sehingga bisa mengurangi defisit anggaran tersebut.

Edi mencontohkan, setiap bulan, Pemkot Pontianak dari sektor pajak hiburan saja bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp2 miliar. Tetapi dampak pandemi Covid-19, pada Maret 2020 hanya mendapat Rp100 juta saja.

"Mudah-mudahan dengan mulai bergeraknya sektor perhotelan, restoran dan rumah makan, maka sektor pajak mulai meningkat yang sebelumnya dalam tiga bulan terakhir sangat turun sekali," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona APBD 2020 Wali Kota Pontianak


Loading...