Advertisement

Pandemi Virus Corona Masih Berlangsung di Dunia, 4 Aktivitas yang Risikonya Tinggi Terpapar Covid-19, Perjalanan Udara ??

Pandemi Virus Corona Masih Berlangsung di Dunia, 4 Aktivitas yang Risikonya Tinggi Terpapar Covid-19, Perjalanan Udara ??
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 5 Juli 2020 10:18 WIB

Terasjabar.id - Pandemi virus corona baru (Covid-19) masih berlangsung di dunia. Secara global, saat ini angka orang yang positif virus tersebut telah mencapai 11,3 juta, per Minggu (5/7/2020).

Di Indonesia, angka itu telah mencapai 62.142 kasus Covid-19, dengan penambahan kasus sebanyak 1.447 per Sabtu (4/7) kemarin.

Terlepas dari angka tersebut, saat ini banyak masyarakat yang kembali beraktivitas normal. Mulai dari pergi bekerja, naik transportasi umum, berkumpul di kafe, pergi ke pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

Di antara kegiatan-kegiatan tersebut, ada beberapa aktivitas yang membuat Anda berisiko tinggi terpapar virus korona. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dilansir dari CNet, Minggu (5/7/2020).

1. Perjalanan udara

Di urutan pertama adalah perjalanan udara. Saat ini, Anda harus mempunyai alasan penting atau mempunyai izin untuk melakukan perjalanan udara. Pasalnya, bandara dan pesawat adalah tempat Anda bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah atau bahkan negara. Orang-orang yang Anda temui, bisa jadi datang dari tempat-tempat dengan angka kasus Covid-19 yang tinggi.

2. Mengunjungi bar

Risiko paling tinggi berikutnya adalah bar. Ini adalah tempat yang membuat Anda meninggalkan protokol-protokol kesehatan. Mulai dari melepas masker hingga meniadakan jarak fisik atau physical distancing. Anda tidak mungkin minum di bar tanpa melepas masker. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah tidak pergi ke bar untuk sementara waktu.

3. Potong rambut di salon

Potong rambut di salon dengan durasi waktu yang singkat mungkin terdengar aman dan tak membahayakan. Padahal, salon atau barbershop dapat menempatkan Anda pada risiko yang signifikan untuk terinfeksi. Pasalnya, Anda tak mungkin menjaga jarak dengan orang yang memotong rambut Anda. Jadi sebaiknya sebelum salon dibuka, harus ada kebijakan jarak fisik, membatasi pelanggan dalam satu waktu, dan mempunyai ventilasi yang baik.

4. Makan di dalam restoran

Makan di dalam di restoran bisa berisiko karena beberapa alasan. Pertama, berada di dalam dan di sekitar orang lain membuat Anda berisiko terpapar pada orang yang membawa virus. Jadi, Anda kemungkinan menghirup partikel udara yang terinfeksi. 

Di restoran, Anda juga berada di sekitar orang-orang yang sebagian besar tidak mengenakan masker. Begitupun Anda yang pastinya tidak akan makan dan minum menggunakan masker.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Rentan Penularan Aktivitas


Related Post



Loading...