Penyedia Layanan Ojek Online Wajib Test Swab Mitranya jika Ingin Kembali Mengangkut Penumpang

Penyedia Layanan Ojek Online Wajib Test Swab Mitranya jika Ingin Kembali Mengangkut Penumpang
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Jumat, 3 Juli 2020 11:14 WIB

Terasjabar.id - Ketua harian tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Kota Bandung, Ema Sumarna meminta manajemen Gojek dan Grab untuk melakukan tes PCR atau Swab kepada semua mitranya yang ada di Kota Bandung.

Permintaan melakukan test kepada semua mitranya itu menjadi salah satu syarat wajib dari Pemerintah Kota Bandung, sebelum mengeluarkan izin operasional mengangkut penumpang difase penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Tadi kami sarankan bahwa driver atau mitra ini mereka harus ada surat keterangan bahwa mereka sudah bebas dari Covid, tentunya ini harus dikeluarkan oleh institusi berwenang, dalam hal ini lembaga kesehatan, dan masukan kita diterima, tapi memang proses perlu waktu, ya saya pikir semuanya juga pasti seperti itu, kami hargai juga," ujar Ema, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (3/7/2020).

Ema mengatakan, syarat yang diajukan itu sudah diterima dan disanggupi oleh Grab dan Gojek. Sementara untuk syarat lainnya, kata Ema, relatif sudah baik dan memenuhi protokol kesehatan.

"Saya kira kalau dari sisi protokol kesehatan sudah sangat memadailah, baik itu mengenai masalah gofood dan barang lain, sekarang sudah masuk kepada penarikan penumpang, hanya tinggal satu saja (Swab test) tadi dan itu sudah disepakati, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini hisa dipenuhi," katanya.

Menurut Ema, dengan adanya bukti driver atau mitra negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab atau PCR, penumpang nantinya akan merasa aman ketika menggunakan layanan Gojek atau Grab.

"Supaya apa, kalau kita pesan melalui aplikasi dan terverifikasi bahwa driver ini orang yang sudah bebas kan bagi customer ini menenangkan, saya pikir itu akan jauh lebih baik," ucapnya.

Ema mengaku, dalam waktu dekat Gojek dan Grab akan diberikan izin beroperasi mengangkut penumpang, dengan syarat harus sudah melakukan swab test atau PCR.

"Saya pikir ini waktunya sudah sangat dekat, komitmennya, sangat kuat akan saya informasikan kepada Pak Wali Kota, saya pikir sudah cukup layak," katanya.

Gojek dan Grab sebelumnya sempat mendatangi Wali Kota Bandung Oded M Danial, di Pendopo Kotq Bandung. Keduanya pun mempresentasikan bagaimana protokol kesehatan saat mengangut penumpang.

(Tribunjabar.id)


Ojek Online Test Swab Mitra


Loading...