Advertisement

Sebanyak 19 Orang Buruh Pabrik Perusahaan Unilever Indonesia di Cikarang Bekasi Dinyatakan Positif Virus Corona

Sebanyak 19 Orang Buruh Pabrik Perusahaan Unilever Indonesia di Cikarang Bekasi Dinyatakan Positif Virus Corona
(Wisnu/Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 2 Juli 2020 11:37 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 19 orang buruh pabrik perusahaan Unilever Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Hal itu dipastikan juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah.

Menurut Alamsyah, sebanyak 19 buruh saat ini sudah menjalani perawatan intensif di rumah sakit maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Mereka sudah dalam perawatan rumah sakit, dan ada juga yang isolasi mandiri di rumah," kata Alamsyah ketika dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

Sedangkan, pabrik tempat mereka bekerja, kata Alamsyah, yang berada di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat itu sudah ditutup sementara. Pabrik tersebut memiliki 800 karyawan. "Total karyawan 800, dan pabrik pun sudah tutup. Pabrik di Cikarang, Unilever," jelasnya.

Alamsyah mengatakan, awal mula para buruh itu tertular virus corona karena satu buruh. Diduga buruh itu baru saja melakukan perjalanan. "Mulanya ada karyawan yang sakit satu orang. Kemudian kita tracking," kata Alamsyah.

Dia pun mengaku saat ini tengah mendalami bagaimana satu orang buruh itu bisa tertular virus corona. "Nah tertularnya dimana ini yang lagi pendalaman. Kemungkinan abis perjalanan," ungkapnya. 

Pihaknya juga, kata Alamsyah, sudah melakukan tes swab terhadap seluruh perusahaan Unilever tersebut. Mereka, yang terkonfirmasi virus corona pun tengah menjalani perawatan maupun isolasi secara mandiri. 

Pemerintah juga akan terus melakukan pelacakan dengan melakukan tes cepat terhadap sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan buruh yang terkonfirmasi positif corona tersebut.

Penambahan kasus baru ini menjadi babak tersendiri bagi penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi, dan ni menjadi klaster baru yang berasal dari suatu perusahaan industri.

Sebelumnya, hampir satu pekan tidak ada penambahan kasus didaerah yang memiliki kawasan industri terbesar di Indonesia. Bahkan, sebelumnya menyisakan sembilan pasien, sisanya sembuh.

Sementara pihak Unilever saat dikonfirmasi mengatakan, segera mengirimkan statment resmi dari pihak managemen terkait hal tersebut. “Kami akan kirimkan statement resmi yang akan disampaikan oleh narasumber resmi kami segera ya. Mohon ditunggu,” ujar Humas Unilever, Adisty.

Sumber : Okezone.com 

Pandemi Virus Corona Pabrik Unilever Indonesia Cikarang Buruh Bekasi


Related Post



Loading...