Kasus Positif Virus Corona di Kota Metro Kembali Bertambah, Pekerja Asal Bekasi Positif Covid-19 Setelah Mengunjungi Orang Tuanya di Kota Metro

Kasus Positif Virus Corona di Kota Metro Kembali Bertambah, Pekerja Asal Bekasi Positif Covid-19 Setelah Mengunjungi Orang Tuanya di Kota Metro
(ANTARA News : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 1 Juli 2020 13:02 WIB

Terasjabar.id - Kasus positif Covid-19 di Kota Metro, Provinsi Lampung, kembali bertambah. Seorang pekerja asal Bekasi, Jawa Barat (Jabar), dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 setelah mengunjungi orang tuanya di Kota Metro dan akan kembali ke Bekasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Metro, Nasir AT mengatakan, kasus positif corona di Kota Metro yang tercatat sebagai pasien 06 ini seorang perempuan berusia 45 tahun. Dia berasal Kecamatan Metro Pusat, Lampung.

"Pasien 06 ini sebelumnya bekerja di Bekasi Kemudian, tanggal 19 Juni 2020, dia pulang ke Kota Metro untuk menjenguk orang tuanya di Kecamatan Metro Pusat," kata Nasir AT di Metro, Lampung, Rabu (1/7/2020).

Kondisinya diketahui saat hendak kembali bekerja ke Bekasi. Dia diwajibkan mengikuti tes cepat dan hasilnya reaktif Covid-19. "Setelah itu kami lakukan uji swab dan hasilnya positif Covid-19," ujar Nasir.

Nasir mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Metro sudah melakukan uji cepat pada orang tua dan kakak pasien tersebut. Hasilnya, kedua orang tersebut dinyatakan nonreaktif.

"Dia itu pulang benar-benar hanya ingin ketemu orang tuanya. Tidak ke mana-mana. Jadi dia hanya ketemu orang tua dan kakaknya. Kami sudah lakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif," katanya.

Saat ini, pasien dalam keadaan sehat dan tengah melakukan isolasi secara mandiri di rumah milik kakaknya. Dari survei yang dilakukan gugus tugas, lokasi tersebut layak menjadi tempat isolasi mandiri.

"Kami sudah survei lokasinya dan ternyata layak untuk tempat isolasi mandiri. Jadi kakaknya nanti untuk sementara waktu pindah ke rumahnya orang tuanya," katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan wilayahnya sudah bisa mengendalikan penyebarluasan Covid-19. Ini terlihat dari data kasus 10 hari terakhir, angka reproduksi efektif (RT) di bawah 1.

"Sudah 10 hari angka reproduksi efektif di bawah 1. Artinya kasus sudah mulai menurun dan pandemi bisa dikendalikan di sini," ujar Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Reihana.

Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung sampai Selasa (30/6/2020) kemarin berjumlah 190. Perinciannya, sebanyak 150 pasien dinyatakan sembuh, sebanyak 28 orang di antaranya masih dalam perawatan, dan 12 orang lainnya meninggal dunia.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Bekasi Provinsi Lampung Kota Metro


Loading...