Advertisement

Perdana, Salat Jumat Digelar di Masjid Agung Kota Cimahi, Wajib Pakai Masker

Perdana, Salat Jumat Digelar di Masjid Agung Kota Cimahi, Wajib Pakai Masker
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Cimahi —Jumat, 19 Juni 2020 13:07 WIB

Terasjabar.id - Perdana di tengah pandemi Covid 19, salat jumat kembali dilaksanaka di Masjid Agung Kota Cimahi, Jumat (19/6/2020).

Pada Jumat (12/6/2020), Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna sudah menyampaikn bahwa salat jumat sudah bisa dilakukan berjamaah di Masjid pada Jumat (19/6/2020).

Pantauan Tribun Jabar di Masjid Agung Kota Cimahi pukul 11.10 WIB, umat yang akan menggelar salat jumat sudah mulai berdatangan.

Sejumlah pria berpakaian safari berjaga di gerbang masuk Masjid untuk memeriksa suhu tubuh orang yang masuk ke lingkungan masjid.

Bagi orang yang tidak menggunakan masker, petugas penjaga tidak memperkenankan orang tersebut untuk memasuki lingkungan masjid.

Tosin, salah satu pengurus Masjid Agung Kota Cimahi mengatakan bahwa ada 12 petugas masjid yang dikerahkan untuk memantau berjalannya salat jumat. Petugas tersebut di tempatkan di dua pintu masuk masjid.

"Akan dicek suhu tubuh setiap orang yang masuk, harus menggunakan masker. Jika lupa membawa masker, kami ada menyediakan beberapa masker," kata Tosin saat ditemui Tribun, Jumat (19/6/2020).

Dari 4 pintu masuk lingkungan masjid, hanya dua pintu yang dibuka pada pelaksanaan salat jumat perdana di tengah pandemi ini.

KH Hafidz Suyuti, selaku
Imam Besar Masjid Agung Kota Cimahi menambahkan agar umat yang mengikuti salat jumat, tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Di sini  sejak awal sudah tidak menggunakan karpet di masjid, jadi kami harapkan membawa sajadah masing-masing," katanya.

Tosin mengatakan, jika situasi normal, masjid ini bisa menampung 2.000 orang. Namun, di tengah pandemi, sesuai aturan protokol kesehatan, hanya bisa terisi 30 persen hingga 50 persen saja.

"Setiap jumat akan kami evaluasi, saat ini ada barisan yang masih terlaku berjarak, tapi tidak memungkinkan diubah lagi saat ini," katanya.

Ibadah salat jumat perdana hari ini, ada 500 umat yang bisa melaksanakan salat di dalam masjid. Selebihnya, akan menggelar salat di bagian luar masjid.

(Tribunjabar.id)


Salat Jumat Cimahi Masjid Agung


Related Post



Loading...