Tanggapi Isu dan Keluhan Pelanggan, PLN Buka Layanan Khusus Pengaduan Rekening Listrik

Tanggapi Isu dan Keluhan Pelanggan, PLN Buka Layanan Khusus Pengaduan Rekening Listrik
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 12:44 WIB

Terasjabar.id - PT PLN (persero) unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Purwakarta membuka posko layanan khusus serta menambah petugas pelayanan di Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah Purwakarta dan Subang, dalam rangka menanggapi isu dan keluhan masyarakat terkait dengan adanya peningkatan tagihan rekening listrik.

Manager UP3 Purwakarta, Rahmi Handayani mengatakan posko layanan khusus ini berfokus melayani pengaduan dan keluhan masyarakat terkait peningkatan tagihan rekening listrik.

Tarif tenaga listrik (TTL) tak alami kenaikan sejak 2017, sehingga hal tersebut menepis adanya peningkatan tagihan listrik yang disebabkan adanya kenaikan TTL.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, adanya peningkatan tagihan rekening listrik disebabkan adanya peningkatan pemakaian konsumsi tenaga listrik selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan diberlakukannya WFH (Work From Home) atau adanya penambahan selisih kurang tagih rekening akibat perhitungan rata-rata rekening listrik selama tiga bulan terakhir.

"Pada Mei, PLN kembali baca meter pelanggan sehingga angka yang digunakan untuk rekening di Juni ini merupakan angka pasti dari hasil pemakaian pelanggan," katanya, Kamis (4/6/2020) di Purwakarta.

PLN berharap penjelasan ini dapat menjangkau seluruh pelanggan PLN serta meluruskan isu-isu yang tidak benar mengenai kenaikan tagihan listrik.

Selain itu, PLN juga memberikan stimulus listrik gratis sesuai dengan instruksi pemerintah melalui Presiden, Joko Widodo.

Stimulus ini berupa di antaranya pemberian listrik gratis atau diskon bagi pelanggan rumah tangga bersubsidi.

"Untuk daya 450 VA gratis dan untuk daya 900 VA subsidi diberikan keringanan 50 persen. Program ini kami lakukan bulan April hingga Juni 2020," ujarnya.

Adapun untuk mendukung program ekonomi mikro, PLN lakukan program yang sama untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA dari Mei hingga Oktober 2020.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim dapat melalui mekanisme terkait program-program atau pengaduan lainnya melalui contact enter PLN 123, Instagram @pln123_official, twitter @pln_123, email [email protected] serta FB PLN 123.

"Kami berupaya terus meringankan beban masyarakat kurang mampu yang juga terdampak Covid-19 agar sektor ekonomi mikro tetap eksis di masa pandemi. Kami juga tetap bekerja serta layani masyarakat guna berusaha semaksimal mungkin menanggapi dan menindaklanjuti semua pengaduan pelanggan," ucapnya.

(Tribunjabar.id)


Virus Corona Isu Keluhan Pelanggan PLN Rekening Listrik


Loading...