Jelang Penerapan New Normal, KPPAD Ingatkan PPDB Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Agar Tak Berisiko Menyebarkan Virus Corona

Jelang Penerapan New Normal, KPPAD Ingatkan PPDB Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Agar Tak Berisiko Menyebarkan Virus Corona
Ilustrasi (Insidepontianak : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 11:04 WIB

Terasjabar.id - Memasuki new normal Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kalimantan Barat (Kalbar) akan segera dimulai. Sekolah-sekolah diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan agar tak berisiko menyebarkan virus corona di lingkungan pendidikan.

"Tidak lama lagi proses PPDB baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA dan yang sederajat akan dimulai. Untuk itu perlu diperhatikan juga protokol kesehatan," kata Ketua Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kalbar, Eka Nurhayati Ishak dalam keterangan kepada media, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, berdasarkan hasil pengawasan KPPAD, kerentanan anak terpapar Covid-19 tak bisa diremehkan. Merujuk data Kementerian Kesehatan, jumlah pasien anak terpapar Covid-19 mencapai 19.196 orang.

"Rincian orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 954 anak, orang dalam pengawasan (ODP) berjumlah 10.375 anak, pasien dalam pemeriksaan (PDP) berjumlah 7.152 anak, dan positif COVID-19 berjumlah 715 anak," katanya.

Berdasarkan data tersebut, kata dia, diperlukan evaluasi secara menyeluruh baik aspek pencegahan maupun penanganan melalui sinergi kementerian dan lembaga dan para pihak terkait.

Karena itu KPPAD Kalbar mengusulkan untuk menunda sementara proses belajar mengajar dengan tatap muka. Hal itu untuk meminimalkan penularan Covid-19 di peserta didik dan mencegah timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kalbar.

"Pembukaan tahun ajaran baru di Kalbar melalui skema pembelajaran tatap muka diharapkan ditunda untuk menghindari risiko kesehatan bagi anak usia sekolah sampai situasi dirasa sudah kondusif," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona New Normal Kalnar PPDB


Loading...