Kerap Bertugas di Tempat Rawan Penyebaran Covid-19, Ini Hasil Rapid Test Anggota Satpol PP KBB

Kerap Bertugas di Tempat Rawan Penyebaran Covid-19, Ini Hasil Rapid Test Anggota Satpol PP KBB
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Minggu, 31 Mei 2020 11:39 WIB

Terasjabar.id - Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah menjalani rapid test.

Rapid test dilakukan karena anggota Satpol PP KBB kerap berinteraksi dengan orang banyak, terutama saat melakukan patroli di tempat yang rawan terjadi penyebaran Covid-19 selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga tahap ketiga.

Kepala Satpol PP dan Damkar KBB, Rini Sartika, mengatakan, anggota yang melaksanakan rapid test itu berjumlah 124 orang dari total anggota Satpol PP KBB sebanyak 137 orang.

"Alhamdulillah, semua anggota Satpol PP yang ikut rapid test pada Jumat lalu hasilnya negatif," ujar Rini Sartika saat dihubungi, Minggu (31/5/2020).

Rini mengatakan, selama PSBB, anggota Satpol PP KBB ditugaskan memantau aktivitas masyarakat di pasar tradisional, pasar modern, terminal, dan tempat-tempat kerumunan massa.

"Meski rapid test hasilnya negatif, tapi saya mengimbau agar mereka tetap waspada. Tetap jaga kesehatan, jaga jarak, pakai masker, dan sarung tangan," ucapnya.

Satpol PP KBB lain yang yang belum melaksanakan rapid test karena saat pelaksanaan tengah bertugas di lapangan atau di antaranya ada yang lepas piket.

Kendati demikian, Rini mengaku, saat ini bisa merasa lega setelah mengetahui para anggotanya dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil rapid test tersebut.

"Karena selama ini, mereka banyak bersinggungan dengan massa sehingga saya harus mengetahui kondisi kesehatan mereka," kata Rini.

Namun, Rini belum bisa memastikan, kapan rapid test susulan untuk anggota Satpol PP lainnya dan anggota damkar yang berjumlah 100 orang karena untuk pelaksanaan rapid test tersebut tergantung kesiapan dari Dinas Kesehatan KBB.

"Sebetulnya, ada juga beberapa orang anggota Damkar yang ikut rapid, tetapi untuk sisanya, ya bagaimana kesiapan daru dinkes saja," ujarnya. (Tribunjabar.id)




KBB Virus Corona Covid 19


Loading...