Gubernur Banten Memperpanjang Penerapan PSBB di Tangerang Raya, Berbarengan dengan New Normal ??

Gubernur Banten Memperpanjang Penerapan PSBB di Tangerang Raya, Berbarengan dengan New Normal ??
(Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 31 Mei 2020 10:33 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan, memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Tangerang Raya. PSBB akan diterapkan bersamaan dengan penerapan New Normal secara bertahap di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Jadi PSBB tahap ketiga ini merupakan tahap awal sebelum pemberlakuan New Normal. Namun dengan berbagai evaluasi yang terus dilakukan dengan daerah Tangerang Raya," kata Wahidin Halim seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Minggu (31/5/2020).

Dijelaskan, PSBB pada periode ini menjadi salah satu tahapan sebelum memasuki fase New Normal arau tatanam hidup baru yang akan diberlakukan oleh Pemerintah Pusat secara bertahap.

"PSBB dimaksudkan membiasakan masyarakat untuk sadar sehingga menjadi suatu budaya. Suatu New Normal itu memang harus melalui institusionalisasi dan internalisasi. Ini merupakan bagian dari perubahan sosial dan budaya," jelasnya.

Wahidin menambahkan, dari hasil evaluasi bahwa saat ini kasus terkonfirmasi virus corona setiap harinya di Provinsi Banten sudah menurun. Bahkan, Banten saat ini di posisi tujuh besar. Artinya, sudah keluar dari posisi 4 zona merah sebagai provinsi epicentrum.

"Kesembuhan cukup tinggi, sudah bagus. Yang meninggal sudah turun. Kasus terkonfirmasi positif mengalami penurunan, namun belum signifikan. Secara persentase sudah mengalami kemajuan yang cukup berarti," kata Wahidin.

Melihat hasil evaluasi tersebut, rencananya beberapa area akan mulai dapat beraktifitas kembali seperti tempat ibadah, pusat keramaian secara bertahap sesuai fase New Normal. Namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Keputusan perpanjangan PSBB itupun disetujui Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, dan Walikota Tangerang Selatan Airin rachmi Diani. Dengan catatan ada beberapa pengecualian pelonggaran. Tapi, tetap mengacu pada pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

Disadur dari Okezone.com

Gubernur Banten PSBB Pandemi Virus Corona New Normal Tangerang Raya


Loading...