Dua Masjid Terbesar di Tangerang Belum Menggelar Salat Jum'at Berjamaah, ini Alasannya

Dua Masjid Terbesar di Tangerang Belum Menggelar Salat Jum'at Berjamaah, ini Alasannya
Ilustrasi (AboutTNG : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 29 Mei 2020 13:02 WIB

Terasjabar.id – Dua masjid terbesar di Tangerang, Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al Amjad belum menggelar Salat Jumat berjamaah, karena masih patuh pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran Covid-19.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Azhom, KH Ahmad Chairudin menjelaskan bahwa waktu dibukanya masjid untuk Salat Jumat menunggu keputusan lanjutan dari Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah setelah PSBB berakhir.

DKM Al Azhom juga akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang terkait pelaksanaan salat berjamaah saat new normal berlaku.

"Hari ini Masjid Al Azhom belum mengadakan Salat Jumat karena PSBB di Tangerang masih berlangsung sampai 31 (Mei) nanti," kata Ahmad, Jumat (29/5/2020).

DKM Al Azhom sudah menyiapkan protokol termasuk penyediaan sabun untuk cuci tangan di tempat, hand sanitizer dan lainnya, jika sewaktu-waktu pemkot mengizinkan lagi masjid tersebut menggelar salat berjamaah termasuk Salat Jumat.

"Kami sudah persiapkan juga kalau nanti memang dibuka kembali. Ruangan masjid sudah rutin disteril, menyiapkan hand sanitizer, dan sabun di tempat wudhu. Ada spanduk juga supaya yang datang pakai masker, jaga jarak, menerapkan protokol kesehatan dan bawa perlengkapan ibadah sendiri," tambahnya.

Masjid Agung Al Amjad yang terletak di kompleks Pemkab Tangerang juga belum menggelar Salat Jumat.

"Hari ini belum dibuka untuk Salat Jumat dan salat jamaah. Kalau untuk salat 5 waktu sendiri-sendiri masih dibuka," kata Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH Uwes Nawawi.

Uwes menyebutkan pihaknya nanti sore akan rapat dengan Pemkab Tangerang untuk membahas kapan masjid tersebut bisa dibuka kembali untuk salat jamaah dan bagaimana tata pelaksanaannya.

Meskipun Masjid Al Amjad dan Masjid Al Azhom tak menggelar Salat Jumat, Uwes mengaku, masih ada masjid-masjid lain di Tangerang yang tetap menggelar Salat Jumat.

Menurutnya tak ada larangan untuk gelar Salat Jumat di tengah pandemi Covid-19.

“Waktu kami rapat juga tidak ada larangan untuk menggelar Salat Jumat. Itu sifatnya imbauan untuk tidak menggelar salat jamaah selama pandemi Covid-19. Namun jika memang dirasa aman, jamaah salat Jumat diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," tutup Uwes.

Disadur dari Okezone.com 

Virus Corona Wabah Virus Corona Masjid Raya Al Azhom Masjid Agung Al Amjad PSBB


Loading...