Advertisement

Libur Lebaran Banyak Sampah yang Tidak Terurus, Penampakan Sampah yang Menumpuk Terlihat di Pembatas Jalan Ciledug, Didominasi Limbah Rumah Tangga

Libur Lebaran Banyak Sampah yang Tidak Terurus, Penampakan Sampah yang Menumpuk Terlihat di Pembatas Jalan Ciledug, Didominasi Limbah Rumah Tangga
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 25 Mei 2020 11:19 WIB

Terasjabar.id - Penampakan sampah yang menumpuk terlihat di pembatas jalan di Ciledug, Tangerang, Banten, Senin (25/5/2020). Sampah didominasi limbah rumah tangga.

Libur lebaran menyebabkan banyak sampah yang tidak terurus. Pengendara yang lewat tampak tidak terganggu dengan pemandangan yang biasa muncul saat lebaran.

Sebelumnya, survei yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 20 April-5 Mei 2020 menemukan mayoritas warga Jabodetabek melakukan belanja online. Intensitas belanja ini meningkat, dari yang sebelumnya hanya 1 hingga 5 kali dalam sebulan menjadi 1 hingga 10 kali selama PSBB atau work from home (WFH).

Begitu pula dengan penggunaan layanan delivery makanan lewat jasa transportasi online. Konsekuensi atas peningkatan belanja online ini, sampah plastik menjadi bertambah.

Menurut LIPI, 96 persen paket dibungkus dengan plastik yang tebal dan ditambah dengan bubble wrap. Selotip, bungkus plastik, dan bubble wrap merupakan pembungkus berbahan plastik yang paling sering ditemukan.

“Bahkan di kawasan Jabodetabek, jumlah sampah plastik dari bungkus paket mengungguli jumlah sampah plastik dari kemasan yang dibeli,” ujar peneliti Pusat Penelitian Oseonografi LIPI, Intan Suci Nurhati, dikutip Minggu (24/5/2020).

Dari data surve ini, LIPI menyebut tingkat kesadaran warga yang tinggi terhadap isu sampah plastik. Sayangnya, kesadaran masyarakat belum dibarengi dengan aksi nyata.

“Hanya separuh dari warga yang memilah sampah untuk didaur ulang. Hal ini berpotensi meningkatkan sampah plastik dan menambah beban tempat pembuangan akhir selama PSBB/WFH,” ujar Intan.

Disadur dari iNews.id

Sampah Ciledug Pandemi Virus Corona Limbah Rumah Tangga


Related Post



Loading...