Wali Kota Bandung Larang Warga Gelar Takbiran Keliling Sambut Idul Fitri

Wali Kota Bandung Larang Warga Gelar Takbiran Keliling Sambut Idul Fitri
Ilustrasi takbiran keiliing dengn kembang api. (4/6). Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Editor: Admin Teras Bandung —Jumat, 22 Mei 2020 17:46 WIB

Terasjabar.id –  Wali Kota Bandung Oded M. Danial menegaskan, takbir keliling di wilayah Kota Bandung menjelang momen Idul Fitri dilarang.

Sebagaimana diketahui, gema takbir biasa dikumandangkan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri.

Namun demikian, dia tak merinci sanksi yang diberikan pada warga yang didapati melakukan takbir keliling.

"Wah, kalau takbiran keliling saya mengimbau tidak boleh ada lah. Tidak boleh. Id-nya aja dibatasi," kata dia kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jumat (22/5).

Sementara itu, berkaitan dengan pengamanan di wilayah menjelang Idul Fitri, Oded mengaku telah berkoordinasi dengan petugas kewilayahan seperti Camat dan Lurah dalam mengantisipasi potensi kedatangan pemudik dari luar Bandung.

Jika menemukan adanya pemudik, maka petugas kewilayahan mesti memberi imbauan agar segera melakukan isolasi secara mandiri.

"Saya kemarin sudah koordinasikan aparat kewilayahan khususnya camat dan lurah tetap kita ingatkan mereka bahwa kemungkinan potensi ada warga Bandung yang dari luar kota Bandung mudik pulang ke Bandung,"

"Ini saya ingatkan terutama kepada aparat kewilayahan agar ketika disinyalir di wilayahnya ada yang mudik itu agar diingatkan agar mengisolasi diri. Itu sudah saya ingatkan," jelas dia.

Terkait dengan mudik di dalam kota antar kecamatan, Oded tak secara tegas melarang. Dia hanya mengimbau agar warga yang mudik antar kecamatan, misalnya dari Cijerah ke Kosambi untuk bertemu dengan keluarganya, agar menaati protokol kesehatan yang berlaku dengan menggunakan masker ataupun mencuci tangan.

"Harapan saya sih tetap di rumah ya, tapi kalaupun misal ada masyarakat yang rindu harus ketemu, dari Cijerah ke Kosambi, saya kira tadi protokol kesehatannya harus dijaga. Itu saya kira. Mudah-mudahan dengan menjaga protokol itu pandemi ini bisa ditangani dengan baik," tegas dia.
(Kumparan.com)

Wali Kota Bandung Larang Warga Gelar Takbiran Keliling Sambut Idul Fitri Oded M. Danial


Loading...