Puluhan Suku di Pedalaman Brasil Tertular Virus Corona

Puluhan Suku di Pedalaman Brasil Tertular Virus Corona
Editor: Malda Hot News —Senin, 18 Mei 2020 10:23 WIB

Terasjabar.id -- Sebanyak 38 kelompok suku asli di pedalaman Brasil dilaporkan sudah tertular virus corona (Covid-19).

Kondisi tersebut kembali mengingatkan kepada sejarah bahwa suku pedalaman di Brasil sangat rentan terhadap penularan virus dari luar wilayah mereka.

"Virus itu memasuki wilayah suku pedalaman di seluruh Brasil dengan kecepatan yang menakutkan," demikian isi pernyataan Asosiasi Suku Terasing Brasil (APIB), seperti dilansir AFP, Minggu (17/5).

Selain itu, kondisi pandemi justru membuat para penambang ilegal dan pembalak liar semakin merangsek ke dalam wilayah suku terasing.

"Sudah tidak terhitung berapa banyak wilayah suku terasing yang dilanggar dengan dukungan pemerintah, yang akan menghancurkan tempat tinggal para suku asli," lanjut pernyataan APIB.

Jumlah kasus infeksi virus corona di Brasil juga terus bertambah. Hingga kini tercatat ada 233.142 kasus, dengan 15.633 orang meninggal.
Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus virus corona di Brasil kini berada dalam posisi keempat tertinggi di dunia. Yakni mencapai 241.080 kasus, dan 16.118 orang meninggal. (ayp/ayp/CNN)

Virus Corona Brazil Covid 19 Virus Suku Pedalaman


Loading...