Rumahkan 2.500 Karyawan, Ruben Onsu Tetap Gaji dan Berikan THR

Rumahkan 2.500 Karyawan, Ruben Onsu Tetap Gaji dan Berikan THR
Presenter Ruben Onsu saat ditemui dikawasan Tendean, Jakarta, Rabu, (19/2). Foto: Ronny
Editor: Admin Teras Seleb —Senin, 11 Mei 2020 16:34 WIB

Terasjabar.id –  Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia saat ini tentu memberikan dampak besar pada dunia bisnis. Artis sekaligus pengusaha Ruben Onsu juga merasakan hal tersebut.

Dilansir dari Kumparan.com, kata Ruben, dia merasakan dampak yang signifikan pada bisnis kulinernya karena wabah virus corona. Ruben mengaku, usahanya tersebut mengalami penurunan omset hingga 70 persen.

Meski masih bisa berjualan dengan sistem take away, namun hal tersebut tetap tak bisa menyelamatkan bisnis kulinernya dari segi penghasilan.

“Dari segi penghasilan dan lainnya, jauh terjun bebas sebenernya. 70 persen itu untuk sebuah perusahaan yang tergolong terlibat dengan ribuan karyawan, tuh, terjun bebas, sih,” kata Ruben saat berbincang dengan Sandiaga Uno di tayangan video yang diunggah di akun Facebook mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kondisi seperti ini membuat Ruben harus merumahkan sekitar 2.500 karyawannya. Dari jumlah keseluruhan yakni 6.500 orang, Ruben hanya bisa menyelamatkan 4.000 karyawannya di tengah kondisi seperti sekarang ini.

Suami Sarwendah ini bisa saja mempertahankan seluruh karyawannya. Namun, laporan keuangan perusahaannya sedang tidak sehat. Hal tersebut justru akan berdampak lebih buruk bagi seluruh karyawannya.

“Ini hal yang paling sedih pastinya, di luar pemikirn saya. Saya tidak ada persiapan, semua berubah drastis. Kemarin memang tidak saya rumahkan, tapi saya sesak, saya enggak bisa selamatkan mereka sama sekali,” ucap Ruben.
“Karena dari cashflow yang saya dapatkan itu tidak balance. Maka, saya mau gali lubang tutup lubang pun, saya butuh waktu. Enggak usah ngomong keuntunganlah, buat gaji mereka pun saya enggak bisa,” tambahnya.

Ruben Onsu mengaku sedih harus mengambil keputusan tersebut. Namun, berdasarkan pertimbangan, keputusan itu memang harus dia pilih.

Meski demikian, pria 36 tahun itu mengaku akan tetap memberikan gaji satu bulan beserta Tunjangan Hari Raya (THR) pada para karyawan yang dirumahkan.


PTR - Ruben Onsu
Presenter Ruben Onsu saat ditemui dikawasan Tendean, Jakarta, Rabu, (19/2). Foto: Ronny
“Jadi, tidak ada yang saya potong sama sekali, gaji full dan THR. Itu doang yang bisa saya selamatkan,” tuturnya.

Bagi Ruben Onsu, kondisi ini memang memberikan dampak luar biasa kehidupannya. Namun, keputusan yang diambilnya saat ini tentunya sebagai upaya untuk menyelamatkan ribuan karyawannya yang lain.

“Bagaimana saya selamatkan kapal saya agar tidak tenggelam? Kalau bicara itu, ya, memang ini paling (dahsyat). Untuk perusahaan makanan saya ini yang terdahsayat yang pernah saya dapetin dan di luar pemikiran saya,” tutupnya.

Rumahkan 2.500 Karyawan Ruben Onsu Tetap Gaji dan Berikan THR


Loading...