Pemerintah Terus Memberbaharui Jumlah Pasien Terkait Virus Corona, Tak Ada Lagi Pasien Positif di RS Darurat Pulau Galang

Pemerintah Terus Memberbaharui Jumlah Pasien Terkait Virus Corona, Tak Ada Lagi Pasien Positif di RS Darurat Pulau Galang
(Kementrian PUPR)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 11 Mei 2020 13:29 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah terus memperbaharui jumlah pasien terkait virus corona (Covid-19) yang menjalani perawatan inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Data hari ini, pukul 08.00 WIB, RSD Pulau Galang masih merawat 22 pasien virus corona.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, mengatakan, dari ke-22 pasien tersebut, seluruhnya tidak lagi dimasukkan ke dalam kategori pasien konfirmasi positif.

Pengelola RSD Pulau Galang membagi mereka ke dalam tiga kategori. Pertama, yakni pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan kategori negatif.

"Pasien Rawat Inap 22 orang, 21 pasien laki-laki dan satu perempuan. Keterangan, positif Covid-19 nihil, PDP, 11 orang, ODP, tiga orang, dan negatif 8 orang," kata Yudo ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat pleh iNews.id soal perkembangan pasien, Senin (11/5/2020) siang.

Dia pun menjelaskan, mengapa ada pasien yang statusnya turun. Sebagai contoh, dia menjelaskan pasien positif yang statusnya berganti menjadi PDP.

"Kalau swab test satu kali hasilnya negatif, menjadi PDP," ucapnya.

Sementara itu, andaikata dari dua kali hasil pemeriksaan swab testnya menunjukkan hasil negatif, maka pasien tersebut telah dinyatakan sembuh. Ketika, sembuh, kata Yudo, yang bersangkutan dipersilahkan untuk pulang. 

"Bila dua kali (pemeriksaan) negatif, ya sembuh dan pulang," tuturnya.

Yudo pun merinci keterangan daripada 22 pasien tersebut. Menurutnya, pasien terdiri dari empat Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Kelud dan enam pria Warga Negara Asing (WNA) asal India.

Lalu, satu orang jamaah Tabligh Akbar Gowa, Sulawesi Selatan. Serta 11 orang pengurus masjid Baiturrahman Sekupang Batam, satu orang di antaranya merupakan perempuan.

Untuk diketahui, RSD Pulau Galang telah dibangun sejak 9 Maret 2020. Tujuan dibangunnya rumah sakit darurat tersebut untuk mengantisipasi melonjaknya pasien virus corona di Indonesia, dan telah diresmikan operasionalnya pada 6 April 2020 lalu.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona RSD Pulau Galang Kepulauan Riau


Loading...