WOW Pelanggar PSBB di Kawasan Surabaya Raya Terancam Tak Bisa Mendapat Perpanjangan SIM Maupun SKCK Selam Enam Bulan Ke Depan, Masih Nekat ??

WOW Pelanggar PSBB di Kawasan Surabaya Raya Terancam Tak Bisa Mendapat Perpanjangan SIM Maupun SKCK Selam Enam Bulan Ke Depan, Masih Nekat ??
(ANTARA/Didik Suhartono : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 10 Mei 2020 10:20 WIB

Terasjabar.id - Pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan 'Surabaya Raya' terancam tak bisa mendapat perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) maupun surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) selama enam bulan ke depan. Sanksi ini diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Mereka yang melanggar tak akan mendapat perpanjangan SIM, begitu juga saat mengurus SKCK," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (9/5/2020).

Surabaya Raya ini meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik. Masa PSBB tahap pertama akan berakhir 11 Mei mendatang, namun dipastikan diperpanjang 14 hari, terhitung mulai 12-25 Mei 2020.

Keputusan untuk memperpanjang masa PSBB diambil setelah melihat hasil kajian epidemiologi yang menunjukkan pola penyebaran Covid-19 masih tinggi. Pada masa perpanjangan tahap dua, nantinya dilaksanakan lebih ketat dan akan diikuti penindakan secara tegas bagi para pelanggar.

Pada PSBB pertama, Pemprov Jatim dan penegak hukum masih memberlakukan fase edukasi dan imbauan serta penindakan kepada warga.

"Fase tersebut selesai dan setelah ini warga yang melanggar akan langsung ditindak. Kunci agar PSBB berhasil, warga harus disiplin, patuh, dan jangan menyepelekan penyebaran Covid-19," kata Khofifah.

Sementara itu, Ketua Tim Advokasi PSBB dan Survilans Covid-19 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga Surabaya Windhu Purnomo mengaku khawatir munculnya gelombang kedua penularan Covid-19, jika PSBB tidak diperpanjang. Dia menilai, PSBB memang seharusnya minimal 28 hari, yang selama dua minggu pertama untuk evaluasi

"Penularan sudah kelihatan polanya. Maka dari itu kami merekomendasikan PSBB diperpanjang meskipun pertumbuhan pasien positif Covid-19 di suatu daerah menjadi datar selama dua pekan diterapkan PSBB," ujarnya.


Disadur dari iNews.id

PSBB Surabaya Raya Pandemi Virus Corona


Loading...