Falsafah Mendalam di Kover Map of the Soul: 7 BTS

Falsafah Mendalam di Kover Map of the Soul: 7 BTS
CNN Indonesia
Editor: Malda K-Pop —Sabtu, 9 Mei 2020 09:11 WIB
Terasjabar.id -- Tujuh tahun kebersamaan tujuh member Bangtan Boys alias BTS menjadi inspirasi pembuatan sampul album Map of the Soul: 7. Hal tersebut membuat A Ji-hye dan suaminya, Jang Joon-oh, selaku desainer grafis membutuhkan berbulan-bulan merancang sampul album terbaru BTS.

Kepada mereka, BTS secara langsung meminta menekankan esensi angka tujuh. Permintaan tersebut membuahkan konsep layering atau berlapis yang akhirnya digunakan untuk sampul album.

"Kami jadi ingin membuat 7 yang berlapis melambangkan akumulasi kepribadian, cerita, serta perjalanan BTS selama ini," kata A Ji-hye dalam wawancara khusus bersama Korea Herald.


Bersama Jang Joon-oh, A Ji-hye mulai membuat lapisan '7' satu per satu yang merepresentasikan setiap identitas dan kepribadian member BTS. Setiap lapisan tersebut juga mewakili kemewahan, rasa tanggung jawab, hingga ego masing-masing.

Map of the Soul: 7 memiliki empat jenis sampul. Versi pertama yang didominasi warna putih, merah muda dan biru tersebut terinspirasi dari angsa dan menggambarkan keinginan untuk sempurna, namun rentan di saat yang bersamaan.

Sementara itu, versi kedua terlihat lebih gelap karena terinspirasi dari angsa hitam. Logo 7 di versi ini juga terlihat lebih berisi untuk menggambarkan bayangan glamor dari BTS.

Sampul album versi ketiga lebih menekankan garis-garis lurus untuk memberikan kesan kekuatan serta tanggung jawab BTS. Dalam versi keempat, A Ji-hye dan Jang Joon-oh menonjolkan kesatuan dan keserasian di balik ego tiap member BTS.

"Layering tak semudah yang kami bayangkan. Kami juga tak bisa menggunakan angka 7 dengan 'hanya cantik'. Kami berusaha keras mendesain itu semenyenangkan mungkin secara estetika dan sesuai konsep BTS," kata Jang Joon-oh.



Empat logo 7 yang berbeda tersebut didapatkan setelah A Ji-hye dan Jang Joon-oh berulang kali dan berjam-jam menyaksikan video BTS dan mendengarkan seluruh musik mereka. Pasangan suami istri ini bahkan menyaksikan banyak video buatan fan untuk memperkaya bahan.

"Kami sempat hanya mendengarkan BTS selama beberapa waktu untuk mempelajari kisah tiap member. Kami belajar seperti geek," kata Jang Joon-oh sambil tertawa.

Pengumpulan bahan melalui video ditambah konsultasi rutin bersama Big Hit Entertainment membuahkan logo tersebut dalam beberapa bulan.

A Ji-hye dan Jang Joon-oh sepakat sampul album Map of the Soul: 7 BTS merupakan desain paling sederhana yang pernah mereka buat namun memiliki kisah paling banyak di dalamnya.

Map of the Soul: 7 dirilis pada 21 Februari 2020. BTS kini sudah bersiap menyiapkan album baru yang benar-benar diproduksi sendiri. Hal tersebut dilakukan sebab seluruh rencana tur Map of the Soul dijadwalkan ulang akibat pandemi Covid-19.




(chri/end/CNnIndonesia)

BTS Map The Soul A Ji Hye


Loading...