Sebanayk 122 TKI Asal Kabupaten Batubara dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, Langsung Menjalani Karantina

Sebanayk 122 TKI Asal Kabupaten Batubara dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, Langsung Menjalani Karantina
(ANTARA/HO : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 29 April 2020 11:25 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 122 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Batubara dari Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Mereka langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dan karantina.

Ratusan TKI ini datang dengan menggunakan Kapal Feri MV Pacific Jet Star 1 melalui Terminal Ferry ASA NIAGA Port Klang Selangor Malaysia. Kedatangan mereka disambut Kapolres serta Forkopimda Tanjungbalai dan Batubara, Selasa (28/4/2020).

Bupati Batubara H Zahir mengatakan, pemerintah menyediakan transportasi penjemputan untuk para TKI tersebut. Yakni berupa lima armada bus pariwisata, lima ambulans milik pemkab, satu unit mobil patroli Satpol PP, satu unit mobil dinas kesehatan, dua mobil patwal dinas perhubungan dan satu bus Dishub Batubara.

Dia mengatakan, rombongan TKI yang datang langsung disemprot cairan disinfektan oleh petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD). Baik penyemprotan ke dalam kapal, orang maupun barang bawaan. Selanjutnya mereka diperiksa kesehatan tim dinkes didampingi Imigrasi.

"Terhadap TKI yang memiliki gejala akan dilakukan rapid test, sedangkan penumpang dengan gejala berat akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan di Medan," ujar Zahir, Selasa (28/4/2020).

Seluruh TKI asal Kabupaten Batubara kemudian dibawa menuju lokasi karantina khusus di SMK Negeri 1 Kecamatan Lima Puluh. Mereka akan menjalani isolasi sebelum bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

Disadur dari iNews.id

TKI Kabupaten Batubara Malaysia Sumatera Utara


Loading...