RSAU dr. Esnawan Antariksa Siap menangani Pasien yang Dinyatakan Positif Virus Corona, Memastikan Ketersediaan Fasilitas Ruang Perawatan Isolasi

RSAU dr. Esnawan Antariksa Siap menangani Pasien yang Dinyatakan Positif Virus Corona, Memastikan Ketersediaan Fasilitas Ruang Perawatan Isolasi
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 17 April 2020 11:27 WIB

Terasjabar.id - Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa siap menangani pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Hal itu setelah RSAU memastikan ketersediaan fasilitas ruang perawatan isolasi sesuai standar protokol kesehatan WHO.

Fasilitas tersebut diresmikan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto, M.Sc., Sp.BS(K)., Sp.Kp., di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2020).

Kepala RSAU Esnawan, Kolonel Kes dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD mengatakan, RSAU saat ini telah memiliki fasilitas ruang isolasi dengan kapasitas 14 tempat tidur, yang dilengkapi High-Efficiency Particulate Air (HEPA) dan ventilator.

"HEPA filter berfungsi mengatur sirkulasi, tekanan, dan menyaring udara dari ruang isolasi agar tetap bersih dan bebas virus, bakteri, dan mikroba lainnya," katanya.

RSAU Esnawan Halim Perdanakusuma siap menangani pasien terinfeksi virus corona (Covid-19). (Foto: ist)
RSAU Esnawan Halim Perdanakusuma siap menangani pasien terinfeksi virus corona (Covid-19). (Foto: ist)

Mukti mengungkapkan, ruang isolasi tersebut juga dilengkapi peralatan medis lengkap, tenaga medis yang cakap, CCTV 24 jam untuk memantau kondisi pasien di ruang isolasi, dan ruang tunggu keluarga yang nyaman. Fasilitas isolasi ini diperuntukkan bagi semua kalangan, baik prajurit TNI AU beserta keluarganya maupun pasien umum lainnya.

"Sesuai arahan pimpinan TNI dan TNI AU, kami segera membangun ruang isolasi ini untuk membantu penanganan pandemi virus Covid-19 dengan sarana dan prasaran penunjang serta terpisah dari ruang perawatan lainnya. RSAU siap merawat pasien dari keluarga TNI maupun umum." tuturnya.

TNI AU, menurut Mukti, selain memberikan dukungan penuh kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan menyiapkan pesawat transpor untuk mendistribusikan alat kesehatan ke seluruh penjuru tanah air, juga telah menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19, termasuk Rumah Sakit Pusat TNI AU dr. Hardjolukito di Yogy

akarta dan penyiapan Kontainer Isolasi Medik Udara (KIMU) yang bisa menerbangkan pasien Covid-19 menggunakan pesawat C-130 Hercules.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa Fasilitas Ruang Perawatan Isolasi


Loading...